5 Destinasi Wisata Alam Kalimantan Timur yang Menakjubkan, Refresh Banget!

Provinsi Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini memiliki potensi wisata yang keindahannya tidak kalah menakjubkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Potensi wisata tersebut meliputi wisata alam dan wisata bahari.

Bahkan karena memiliki sekitar 189.000 jenis tumbuhan, Kalimantan Timur dan seluruh daerah lain di Pulau Kalimantan disebut sebagai paru-paru dunia. Nah, berikut ini rekomendasi tujuh tempat wisata alam di provinsi Kalimantan Timur yang wajib kamu kunjungi.

1. Danau Jempang

Danau Jempang terletak di kabupatan Kutai Barat. Di sekitar danau yang memiliki kedalaman sekitar 7-8 meter ini banyak ditemui aneka macam flora dan fauna.

Danau Jempang merupakan destinasi wisata kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur. Setiap 5 tahun sekali danau ini akan menjadi sangat kering.

Untuk bisa menikmati keindahannya kamu harus menggunakan perahu tradisional Kalimantan Timur yang bernama perahu ketintang atau dengan menggunakan speedboat dan di sepanjang perjalanan tersebut kamu bisa melihat perkampungan yang masih mempertahankan adat istiadat leluhur.

2. Batu Dinding

Batu Dinding yang berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan gugusan batu kapur putih yang menjulang di Sungai Mahakam Ulu. Batu Dinding memiliki panjang lebih dari 800 meter dan tinggi sekitar 100-200 meter.

Di sepanjang jalan untuk menuju Batu Dinding kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri dari pohon yang tumbuh dengan rimbun, anggrek liar dan rumah-rumah adat yang berdiri kokoh.

3. Pulau Kakaban

Terletak di gugus Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Pulau Kakaban merupakan destinasi wisata yang paling terkenal di Kalimantan. Pulau Kakaban yang popularitasnya nyaris mengalahkan Raja Ampat di Papua ini sangat istimewa karena merupakan salah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur. Jangan khawatir akan tersengat ubur-ubur saat berenang di danau karena ubur-uburnya tidak mematikan, kok.

4. Jantur Inar

Jantur Inar merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter di Kabupaten Kutai Barat. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pemberian nama Jantur Inar dikarenakan pada zaman dahulu ada seorang putri yang secara tiba-tiba hilang diculik oleh roh halus penunggu air terjun tersebut.

Yang menjadi daya tarik Jantur Inar adalah terdapat bayangan sangat indah seperti pelangi yang keluar dari pancaran air terjun. Jika ingin menjelajahi keindahannya, kamu harus siap-siap menaiki sekitar 200 anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola.

5. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin di Labuan Kelambu, Kabupaten Berau dikenal sebagai surga bawah laut di Kalimantan Timur. Danau ini memiliki air yang sangat jernih. Air di Danau Labuan Cermin juga sangat unik di mana air tawar berada di bagian atas dan air asin berada di bawahnya. Namun, kedua jenis air tersebut tidak saling menyatu dan bisa dilihat secara kasat mata, lho. 

Dengan dua kondisi air yang berbeda tersebut tentu membuat danau ini dihuni oleh dua jenis organisme laut yang berbeda, yaitu ikan air tawar di permukaan danau dan ikan air laut di dasar danau. Sangat menarik sekali, bukan?

Untuk bisa sampai ke Danau Labuan Cermin kamu bisa menggunakan jalur darat yang bisa ditempuh selama 6-7 jam atau dengan menggunakan sampan tradisional milik nelayan setempat.

(disadur dari idntimes.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: