5 Destinasi Wisata Alam Maluku Ini Pasti Bikin Kamu Kebelet Liburan!

Maluku merupakan sebuah provinsi yang berada di kawasan Indonesia bagian timur. Memiliki banyak pulau dan dikelilingi lautan menjadikan provinsi ini sebagai tujuan para petualang maupun wisatawan. Tidak hanya pantainya yang terkenal biru, Maluku juga memiliki air terjun yang tidak kalah menawan.

Penasaran apa saja 5 tempat wisata di Maluku yang bikin kebelet liburan? Yuk, simak informasinya pada ulasan di bawah ini.

1. Pulau Maitara

Pulau Maitara merupakan salah satu pulau yang berada di kabupaten Maluku Utara, tepatnya di antara Pulau Ternate dan Tidore. Pulau ini terkenal bersih, memiliki pantai yang eksotis, berpasir putih, dan air laut yang jenih kebiruan.

Selain keindahan alamnya, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling di sekitar pantai Maitara untuk melihat keindahan bawah lautnya yang dipenuhi terumbu karang dan ikan yang memanjakan mata.

Untuk melihat keindahan terpendam di Pulau Maitara, para pengunjung dapat menggunakan speedboat yang disediakan dari Pulau Ternate dan perjalanannya akan memakan waktu sekitar 30 menit saja.

2. Tebing Hatupia

Di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, terdapat sebuah tebing batu tinggi dan dinamakan Hatupia oleh masyarakat setempat. Untuk menuju tebing ini, diperlukan waktu sekitar 15 menit dari Pantai Ora. Tebing ini terletak di sebuah bukit dan di sekitarnya terdapat air laut yang sangat jenih beserta pasir yang berwarna putih.

Berkat kejernihan airnya, lokasi sekitar tebing ini biasa digunakan oleh wisatawan sebagai area snorkeling. Pemandangan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan kecil akan terlihat sangat jelas mengingat jernihnya air di lokasi tersebut.

3. Pulau Bair

Pulau yang menjadi tetangga air terjun Hoko ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Maluku. Pulau Bair terletak di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah dan dipenuhi hutan mangrove yang asri. Di pulau ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam seraya menyelam, snorkeling, maupun sekadar berjemur di atas perahu.

Untuk menuju pulau ini, pengunjung harus menyeberang dari Pulau Kei yang lebih dulu dikenal sebagai pusatnya destinasi wisata. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat, resort yang terdapat di Pulau Kei dapat menjadi pilihan dikarenakan belum tersedianya fasilitas resort di Pulau Bair.

Masih ‘perawannya’ pulau ini menjadikan pengunjung seperti berada di pulau pribadi kepunyaan sendiri.

4. Air Terjun Hoko

Source: instagram.com/gungafif

Air terjun Hoko terletak di Desa Hoko, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara. Sempat dijadikan sebagai salah satu nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia, menjadikan lokasi ini cukup dikenal oleh para wisatawan.

Destinasi yang satu ini menyuguhkan pemandangan luar biasa disertai air jernih kebiruan yang kedalamannya kurang dari 2 meter.

Para pengunjung lokasi ini tidak hanya dapat menikmati keindahan air terjunnya saja, namun juga bisa menguji adrenalin dengan menaiki tebing lintasan air yang memiliki patahan kecil untuk pijakan kaki.

5. Pantai Ora

Pantai yang satu ini terletak di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah dan keindahannya seringkali disandingkan dengan Maldives maupun Bora-bora. Untuk menikmati keindahan pantai disini, kamu harus mempunyai tabungan minimal Rp5.000.000 mengingat akses menuju lokasi mengharuskan beberapa kali menggunakan alat transportasi.

Meskipun terbilang cukup mahal, keindahan alam Pantai Ora yang menakjubkan akan membayar lunas semua biaya dan rasa penat yang kamu rasakan.

Pantai ini juga memiliki fasilitas penginapan, jasa guide lokal, dan snorkeling maupun diving yang memanjakan para wisatawan.

(disadur dari idntimes.com/Yulia Nor Annisa)

Leave a Reply

%d bloggers like this: