5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu Kamu Pensiun Merokok. Apa Saja?

Suatu kebiasaan yang sering dilakukan pastinya akan sedikit sulit untuk ditinggalkan. Salah satu contohnya adalah merokok. Baik pria maupun wanita perokok aktif, mereka tahu persis dampak buruk akibat merokok. Namun, keinginan terlepas dari kebiasaan tersebut kadang membuat bingung harus mulai dari mana. Karena tidak mungkin berhenti merokok tiba-tiba.

Untukmu yang ingin berhenti merokok, awali dengan niat yang sungguh-sungguh karena ingin sehat. Lalu lanjutkan dengan mengonsumsi lima makanan dan minuman sehat berikut ini yang dikutip melalui laman Everyday Health. Yuk, terapkan!

1. Ginseng

Biasa dikonsumsi dalam bentuk minuman, tanaman akar yang terkenal di Korea Selatan ini ternyata dapat membantu pensiun merokok. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa ginseng mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin (kesenangan) yang diinduksi nikotin.

Ketika rutin mengonsumsi ginseng, hal tersebut bisa mengurangi tingkat kenikmatan yang ada pada saat merokok. Perlahan-lahan, ginseng dapat membantumu mengurangi jumlah rokok yang biasa dikonsumsi hingga dapat meninggalkan kebiasaan merokok.

2. Susu

Menurut penelitian Duke University, rasa pahit akan terasa di lidah para perokok aktif ketika mereka mulai meminum susu. Maka dari itu disarankan untuk minum susu ketika rangsangan ingin merokok datang. Semakin sering kamu melakukannya, lidah kamu akan terbiasa tanpa rokok.

3. Permen dan permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet atau menyantap permen bebas gula yang umumnya memiliki rasa seperti mint, limecinnamon, dan lainnya dapat memberikan kesibukan pada mulut kita sehingga mengurangi tingkat keseringan merokok.

Utamakan permen karet dan permen biasa yang bebas gula karena rasa manisnya akan makin membuat kamu kecanduan merokok.

4. Makanan ringan yang gurih atau asin

Keripik kentang, kacang asin, atau popcorn dengan rasa gurih asin terbukti mengurangi nikotin dan ketagihan tembakau. Namun, sebelumnya kamu harus pastikan terlebih dahulu apakah memiliki darah tinggi atau tidak.

Mengudap camilan yang memiliki rasa gurih asin membuat kamu tidak cukup menyantapnya sekali. Rasa gurih asin yang membuat nagih, lama-lama akan menimbulkan rasa kenyang pada perut sehingga niat untuk merokok tertunda hingga tidak jadi.

5. Sayuran

Tidak hanya sehat bagi tubuh khususnya paru-paru, beberapa sayuran seperti seledri, wortel, terong, labu, atau mentimun, membuatmu berusaha keras mengunyahnya hingga menjadi lembut. Dan aktivitas mengunyah tersebut ternyata dapat memakan waktu yang membuat perhatian untuk merokok teralihkan.

(disadur dari idntims.com/Tifani Topan)

Leave a Reply

%d bloggers like this: