5 Spot Wisata Alam Banyuwangi yang Mirip Luar Negeri, Keren Banget!

Beberapa tahun terakhir, dunia pariwisata Indonesia semakin berkembang. Berbagai daerah berlomba-lomba mempromosikan wisata alamnya dengan panorama yang memukau.

Bahkan, tak jarang pesona Indonesia mirip, bahkan lebih indah dari luar negeri. Salah satunya di Banyuwangi, Jawa Timur. Tak perlu jauh-jauh menghabiskan banyak biaya, beberapa spot wisata alam Banyuwangi ini menawarkan panorama alam yang luar biasa indah.

Penasaran di mana saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Taman Nasional Baluran, Africa van Java

Ingin merasakan sensasi seperti di padang savana Afrika? Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Baluran yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Taman nasional seluas 25.000 hektare ini menawarkan panorama padang rumput dengan Gunung Baluran sebagai latar belakangnya. Terdapat 444 jenis tumbuhan yang mampu beradaptasi di kondisi yang sangat kering.

Seperti di Afrika, jenis fauna di Taman Nasional Baluran juga sangat banyak, seperti 155 spesies burung dan 26 jenis satwa liar. Di antaranya kerbau liar, monyet, rusa, kijang, macan tutul, kancil, banteng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu sebabnya taman nasional ini mendapat julukan Africa van Java.

2. Hutan Mangrove Bedul, Amazonnya Indonesia

Hutan Mangrove Bedul ini berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Seperti namanya, hutan mangrove atau tanaman bakau ini masih alami dan memiliki luas sekitar 2.300 hektare yang membentang sejauh 16 kilometer.

Alur sungai yang meliuk-liuk indah membuatnya mendapat julukan Amazonnya Indonesia. Julukan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, Hutan Mangrove Bedul membentuk rawa payau dengan panjang sekitar 18,8 kilometer dan lebar 400 meter. Di kanan dan kiri rawa ditumbuhi beragam jenis tanaman bakau yang semakin menambah keindahannya.

3. G-Land, Surga Surfing ala Hawaii

Siapa sangka Taman Nasional Alas Purwo memiliki pantai yang diakui dunia. Ya, G-Land atau Pantai Plengkung ini mendapat julukan khusus oleh peselancar dunia yakni The Seven Giant Waves Wonder yang berarti memiliki tujuh gulungan ombak.

Bagi pencinta olahraga surfing, pantai satu ini menjadi surga untuk berselancar. Angin lepas pantai yang berhembus antara April dan September ini membuat ombak terbesar dengan ketinggian mencapai delapan meter dengan panjang dua kilometer. Dan tentu saja, ombak besar ini menjadi ombak terganas nomor dua setelah Hawaii.

4. De Djawatan, Hutan ala Fangorn Forest di Film The Lord of The Rings

Pencinta film fiksi fantasi pasti sudah tak asing lagi dengan film The Lord of The Rings, kan? Di dalam film tersebut, terdapat hutan magis dengan pohon-pohon raksasa berbentuk unik.

Nah, kamu gak perlu jauh-jauh mengunjungi Selandia Baru untuk menikmati panorama alam ini. Kamu bisa pergi ke Hutan Jawatan atau De Djawatan di Desa Benculuk, Banyuwangi.

Jawatan merupakan hutan dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 meter yang begitu memukau. Bahkan, mungkin kamu bisa membayangkan seolah-olah pohon raksasa ini siap “menerkammu.”

Hutan milik Perhutani seluas 3,8 hektare ini ditumbuhi pohon trembesi. Apalagi dibangun rumah dan ayunan di beberapa pohon. Serasa sedang berada di film The Lord of The Rings, deh!

5. Pantai Pulau Merah, Kembaran Pantai Baia Do Sancho Brasil

Salah satu daya tarik pantai ini adalah bukit kecil dengan ketinggian 200 meter yang berada di bibir pantai. Adanya bukit kecil tersebut membuatnya disebut kembaran Pantai Baia Do Sancho di Brasil.

Pantai Pulau Merah ini awalnya memiliki nama Pantai Ringin Pitu, tetapi kini berubah bukan tanpa alasan. Pasir di pantai ini berwarna putih, tetapi saat matahari terbenam, pasir-pasir pun berubah berwarna merah. Hal itulah yang membuatnya dijuluki Pantai Pulau Merah.

(disadur dari idntimes.com/Kaia Dharma)

Leave a Reply

%d bloggers like this: