6 Kuliner Unik Berbagai Daerah yang Biasanya Ada Saat 17 Agustus

17 Agustus menjadi hari spesial bagi seluruh warga negara Indonesia. Pada tanggal tersebut kita merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada beragam kegiatan yang dilakukan untuk menyambut 17 Agustus ini, mulai dari berbagai perlombaan hingga beragam kuliner disajikan.

Apa saja sih kuliner unik yang biasanya ada di berbagai daerah di Indonesia saat sedang merayakan hari kemerdekaan?

1. Nasi Tumpeng Merah Putih

Menu tumpeng yang satu ini tidak berbeda jauh dengan nasi tumpeng kuning. Perbedaannya hanyalah pada nasi yang digunakan.

Nasi Tumpeng Merah Putih hadir dengan warna nasi bagian atas adalah merah, dan bagian bawahnya adalah putih. Nasi yang digunakan terbuat dari beras merah dan beras putih.

2. Klepon Merah Putih

Klepon merupakan kue tradisional khas Jawa Tengah yang berisi gula merah. Pada Hari Kemerdekaan RI, kue klepon dikreasikan hingga berwarna merah dan putih. Yummy!

3. Bandros

Bandros adalah makanan dengan bahan dasar campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kuliner khas Jawa Barat ini dihidangkan dengan taburan gula pasir. Sangat nikmat jika dinikmati hangat-hangat sebagai teman kopi atau teh.

Pedagang bandros hampir tidak pernah absen saat perayaan 17 Agustusan. Tak heran jika bandros selalu menjadi kuliner wajib saat memperingati kemerdekaan.

4. Telok Abang

Telok Abang juga merupakan kuliner khas Palembang berupa telur bebek atau telur ayam rebus berwarna merah.

sumber gambar: Kompas

Biasanya Telok Abang dijual satu set bersama miniatur perahu, mobil-mobilan, bus, becak, atau Jembatan Ampera. Agar lebih menarik, biasanya Telok Abang ditancapkan pada miniatur tersebut.

5. Nasi Jagung

Nasi Jagung adalah hidangan khas Nusantara yang terbuat dari jagung pipil sebagai bahan dasarnya. Biasa juga disantap bersama lauk pauk lainnya.

Menu ini sangat terkenal di Pulau Jawa, dan makanan ini merupakan salah satu kuliner kesukaan Presiden pertama Indonesia, Soekarno, loh!

6. Carabikang

Carabikang adalah makanan khas Jawa Tengah dengan bentuk seperti serabi berwarna-warni, berberbahan dasar tepung beras dengan rasa manis. Carabikang biasanya disajikan saat perayaan hari Kemerdekaan RI.

(disadur dari tribuntravel.com/Ratna Widyawati)

Leave a Reply

%d bloggers like this: