Bikin Konten ‘Asah Pola Pikir’ yang Viral di Tik Tok Soal Problematika Bisnis, Siapa Sebenarnya Pak Win?

Tak hanya digunakan sebagai media hiburan, banyak orang juga kerap membagikan konten informatif yang sayang untuk dilewatkan via platform Tik Tok.

Salah satunya adalah Pak Win atau Tjokro Wimantara yang kerap membagikan hal-hal seputar dunia kerja dan rahasia bisnis. Dikenal dengan slogannya “Hah Kok Gitu Sih?” akun Tik Tok-nya hingga kini memiliki lebih dari 670 ribu pengikut serta 4,6 juta likes.

Dari laman sosial medianya, Pak Win merupakan seorang pengusaha, investor dan pendidik asal Indonesia.

View this post on Instagram

Membandingkan . Dengan adanya kehadiran sosial media, orang2 di jaman sekarang semakin cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain.. seakan hidup ini adalah kompetisi dengan orang2 tersebut.. seakan semua itu ada 'waktunya'.. . 'wah dia umur 25 uda berbisnis, saya umur segini belum ngapa2in' 'wah dia umur 22 uda nikah, saya umur segini belum nikah' 'wah dia umur 20 uda kuliah s2, saya umur segini masi s1' 'wah dia umur 21 uda bisa beli mobil, saya umur segini cuman bisa beli motor' . membandingkan dengan orang lain tak akan ada habisnya karena kita pasti ketemu orang yg ada 'di atas' kita, apapun kondisi kita. Bahkan Bill Gates yang kita tau sebagai salah satu orang terkaya di dunia pun masih kalah jauh kekayaan dari Andrew Carnegie, salah satu orang kaya di jaman dulu.. dia sendiri pernah mengatakannya, fotonya sampai disimpan di dompetnya.. . ketika kita punya sepeda, ada orang sudah punya motor. ketika kita punya motor, ada orang sudah punya mobil. ketika kita punya mobil, ada orang sudah punya mobil mewah. ketika kita punya mobil mewah, ada orang sudah punya helikopter. ini berlanjut terus tanpa ada ujungnya.. . menentukan target dalam hidup boleh tapi belajarlah untuk bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki.. apapun kondisi kita sekarang, saya cukup yakin banyak orang di luar sana yang merasa 'dibawah' kita yang ingin bertukar posisi dengan kita.. bahkan ketika kita ga memiliki apa2 pun, ada orang di luar sana yang fisiknya mungkin ga utuh dan mau jika ditukar posisi dengan kita.. . sadarilah bahwa setiap orang memiliki 'waktunya' sendiri.. tidak ada waktu yg tepat untuk mulai bisnis, TP Rachmat mulai bisnis di atas usia 50 tahun dan sekarang menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.. tidak ada waktu yg tepat untuk nikah, ada orang yg baru menemukan pasangan yg tepat di usia 50 tahun dan baru menikah.. tidak ada waktu yg tepat untuk punya mobil, ada orang yg baru mulai sukses di usia 60 dan baru bisa membeli mobil sendiri.. semuanya bergantung dari kondisi masing2.. . belajarlah untuk berkompetisi dengan diri sendiri bukan dengan orang lain.. tanyakan pada diri sendiri: 'apakah saya sudah lebih baik dari diri saya sebelumnya?' . #HahKokGituSih

A post shared by Pak Win l Tjokro Wimantara (@asahpolapikir) on

Pria dibalik akun Tik Tok dan Instagram @asahpolapikir ini merupakan lulusan dari empat universitas luar negeri. Pada tahun 2008 ia lulus dari Swiss German University bidang studi Mechatronics lalu dilanjut ke Beijing Language and Culture University setahun kemudian.

Pada tahun 2010 Pak Win menempuh pendidikan di Massachusetts Institute of Technology dan Tsinghya University untuk  menerima gelar MBA dengan penghargaan ‘Distinguished International Student’ dan ‘Outstanding Dissertation’.

Selain menempuh pendidikan di Beijing, China, Tjokro Wimantara juga memiliki darah keturunan Tionghoa.

Tak hanya lulus dari berbagai universitas luar negeri, Pak Win juga memiliki banyak pengalaman kerja. Salah satunya adalah Co-Founder Karta, sebuah startup periklanan yang merupakan pelopor periklanan crowdsource untuk sepeda motor.

Pada tahun 2018, Karta dipilih oleh Forbes sebagai ’30under30′ dalam  kategori pemasaran.

Bukan hanya di dunia kerja, Pak Win ternyata juga seorang gamers. Ia kerap memainkan game Warcraft Dota 5on5 semasa kuliah. Tak hanya bermain, Pak Win bahkan pernah memimpin tim e-sports dan juga memenangkan lebih dari 50 kompetisi lokal di Indonesia!

Namun pada tahun 2006, setelah meraih juara ketiga di Jakarta World Game Tournament untuk Warcraft Dota 5on5, ia memilih untuk pensiusn sebagai gamer.

Hingga akhirnya Pak Win beralih menjadi kreator konten hingga kerap mondar-mandir di FYP TikTok, konten @asahpolapikir memang menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu netizen. Miliki segudang informasi penting tentang bisnis dan dunia kerja, netizen mengaku termotovasi dengan ragam kontennya.

Lewat slogan #HahKokGituSih, Pak Win mengemas banyak hal yang relatable seputar dunia bisnis dengan cara yang unik. Lewat percakapan antara dua orang dengan durasi yang cukup singkat, pesan dari video-videonya tersebut selalu sampai ke netizen.

Salah satunya yang tengah trending kini adalah video tentang sisi gelap perihal kerjasama di bidang properti yang menyita perhatian netizen hingga ditonton lebih dari 7,5 juta kali!

@asahpolapikir

hah kok gitu sih? tanah rakyat.. ##HahKokGituSih ##TiktokPintar ##SamaSamaBelajar

♬ original sound – asahpolapikir

Penyampaian menarik soal dunia bisnis profesional dengan bahasa awam serta mudah dipahami inilah yang membuat kontennya disukai.

Selain membuat konten di Tik Tok, Pak Win juga menjadi pengajar kelas online untuk para pendiri bisnis. Ia juga kerap memberikan jawaban seputar bisnis di grup Telegram.

Instagram Pak Win

(disadur dari kuyou.id/Hana Kristabela)

Portal Media Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment