Bosan dengan Menu Buka Puasa yang Itu-itu Aja? 5 Sup Thailand Halal Ini Bisa Dicoba, Loh!

Bosan dengan menu berbuka puasa yang itu-itu saja saat #DiRumahAja? Yuk, coba untuk membuat masakan khas Thailand yang dijamin bisa menambah selera makan.

Sejauh ini masakan khas Thailand dikenal kaya rempah dengan cita rasa yang lezat. Beberapa sup khas Thailand juga wajib dicoba untuk variasi menu buka puasa bersama keluarga agar tidak cepat bosan.

Berikut ini beberapa sup khas Thailand yang cocok dicoba untuk menu buka puasa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Khao tom (tanpa daging babi)

Khao tom adalah sup nasi dari Thailand yang memadukan nasi dengan kaldu herbal dan sayuran yang penuh rasa. Nasi biasanya dimasak, kemudian ditambahkan ke kaldu yang mengandung bawang merah, serai, lengkuas atau jahe, dan bawang putih. Kombinasi tersebut kemudian dimasak hingga konsistensi menjadi kental.

Sup nasi ini cocok dinikmati saat panas, biasanya dicampur dengan saus ikan, kecap, dan jeruk nipis, serta sering disajikan dengan ayam suwir, udang, ikan, atau telur untuk hidangan yang lebih memuaskan. Ketumbar cincang, daun bawang, tahu, cabai, dan bawang putih goreng termasuk beberapa bumbu khas dari khao tom.

2. Tom yum

Tom yum adalah salah satu masakan khas Thailand yang paling terkenal dan identik dengan sup pedas, asam, dan aromatik yang cocok disajikan dengan nasi. Tom yum terbuat dari bawang merah, serai, saus ikan, jahe segar atau lengkuas, udang, jamur, daun jeruk purut, jeruk nipis, dan cabai Thailand cincang.

Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka, tom yum secara tradisional dihias dengan daun ketumbar di atasnya. Karena popularitasnya, berbagai versi sup mulai muncul selama bertahun-tahun, seperti tom yum gai, dengan tambahan ayam dan tom yum talay, dengan tambahan makanan laut.

3. Kuai-tiao ruea

Kuai-tiao ruea atau yang disebut sup mie perahu adalah hidangan Thailand yang pada awalnya dijual dari kapal melalui kanal Bangkok.

Sup ini dibuat dengan berbagai jenis mie yang disiram dalam kaldu sapi yang lezat, serta ditaburi dengan topping seperti daging sapi, bakso, taoge, atau bahan makanan lain.

4. Yen ta fo

Yen ta fo berwarna merah muda ini adalah sup khas Thailand yang terdiri dari berbagai jenis mie yang disajikan dalam kaldu ayam yang dibumbui dengan dadih kacang merah yang difermentasi.

Setiap mangkuk sup yang penuh rasa ini dilengkapi dengan bola ikan, cumi-cumi, udang, tahu goreng, dan bahan makanan yang lain.

Yen ta fo biasanya disajikan di restoran tradisional Thailand dan dijual di berbagai kios. Yen ta fo sangat populer di seluruh Thailand dan biasanya dinikmati sebagai hidangan utama yang mengenyangkan.

5. Khao soi

Hidangan khas Thailand Utara; khao soi adalah sup kelapa yang lezat di mana banyak pengaruh regional digabungkan untuk membuat hidangan yang benar-benar lezat. Bahan dasar sup adalah kaldu yang sedikit pedas yang menggabungkan santan dan pasta kari merah.

Kaldu disajikan dengan mie telur pipih dan pilihan daging, yang biasanya mencakup ayam dan sapi. Sup ini biasanya ditaburi dengan beberapa mie goreng renyah dan ketumbar cincang, serta disajikan bersama berbagai bumbu seperti jeruk nipis, acar kubis, bawang merah, dan cabai.

(disadur dari indtimes.com/Anis)

Portal Media Entertainment

One thought on “Bosan dengan Menu Buka Puasa yang Itu-itu Aja? 5 Sup Thailand Halal Ini Bisa Dicoba, Loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment