Challenge Yourself! 5 Gunung di Indonesia dengan Jalur Pendakian Ekstrem

Aktivitas pendakian gunung beberapa tahun ini menjadi sangat ramai dipenuhi semua kalangan, terutama gunung-gunung dengan trek yang landai dan bersahabat, pasti gak pernah sepi dari pendaki.

Kalau kamu merasa bosan dengan jalur gunung yang selalu bisa ditaklukkan, coba untuk mendaki lima gunung dengan jalur pendakian yang ekstrem ini. Simak, ya!

1. Gunung Raung

Gunung Raung menjadi ikon gunung paling ekstrem di Pulau Jawa. Segimana ekstremnya sih? Di sini kamu tidak akan menemukan sumber mata air.

Puncak Sejati Raung bisa dilalui dengan peralatan panjat tebing yang memadai karena sepanjang jalur menuju puncak dikelilingi oleh tebing curam sekitar 75 derajat serta kanan kiri jurang dengan kedalaman puluhan meter. Perlu persiapan yang matang dan guide lokal kalau berniat menaklukkan Raung.

2. Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki banyak satwa alam ini memang jarang didaki, selain karena banyaknya binatang buas di Leuser, pendakian menuju puncaknya pun paling cepat memakan waktu 7 hari, belum turunnya lho!

Hutan yang lebat serta trek yang panjang dan menanjak akan sering ditemui. Sangat disarankan untuk memakai jasa guide demi keselamatan dan keamanan.

3. Gunung Binaiya

Gunung tertinggi di Maluku ini masih sangat asri dan sepi dari pendaki, karena dikenal memiliki track yang sulit. Medan menuju pos satu saja sudah dipenuhi tumbuhan berduri dan hutan yang rapat.

Selanjutnya, medan sulit yang ditemui berupa tanjakan terjal dengan kemiringan 90 derajat, naik bukit dan turun lembah yang penuh bebatuan tajam. Tapi semuanya akan terbayarkan saat tiba di puncak yang menyuguhkan eksotisnya Binaiya dengan view Pulau Seram.

4. Puncak Jaya atau Carstensz

Gunung Carstensz yang berada di Papua adalah gunung paling ekstrem di Indonesia. Dengan ketinggian 4.884 mdpl,  jalur pendakiannya yang akan ditemui yaitu batuan tebing yang terjal, dan cuaca ekstrem karena di Carstensz ada salju abadi, hujan badai, dan panas terik.

Gunung ini diperuntukkan hanya untuk pendaki handal dengan mental yang kuat untuk melakukan pendakian paling cepat selama 14 hari.

5. Gunung Latimojong

View this post on Instagram

“Yang terpenting adalah Proses pendakian bukan soal Puncak. puncak itu bonus. ketika kaki menginjak di titik tertinggi jangan beranggapan kau menakhlukannya. pendakian bukan soal pembuktian diri, tapi soal penakhlukan diri.” . . Open Trip Pegunungan Latimojong, Puncak Rante Mario 3.478mdpl . 📝 26-30 September 2019 📝 27-31 Oktober 2019 📝 26-30 November 2019 📝 16-20 Desember 2019 📝 30-3 Januari 2020 📝 27-31 Januari 2020 📝 25-29 Februari 2020 📝 27-31 Maret 2020 📝 26-30 April 2020 📝 27-31 Mei 2020 📝 26-30 Juni 2020 📝 27-31 Juli 2020 📝 15-19 Agt 2020 📝 26-30 Sep 2020 📝 27-31 Okt 2020 📝 26-30 Nov 2020 📝 30-3 Januari 2021 . Start Bandara Sultan Hasanudin Makassar IDR 1.750.000,-/Orang (Minimal 5 Orang Seklai Jalan) . Fasilitas Termasuk : – Transport PP Start Bandara makasar – Tiket pendakian gunung Rante Mario – Guide (sertifikasi APGI) – Porter lokal (angkut tenda & logistik) – Koki – Tenda Dome Kapasitas 4 Orang – Alat masak & Alat makan – P3K – Makan selama pendakian 7 kali – Wiasata Toraja (borikalibuang, ketekesu, Burake) – Wiasata batu karst Ramang-Ramang . Tidak Termasuk : – Perlengkapan pribadi – Porter pribadi – Selain yang disebutkan . ➡ untuk pembayaran DP 800.000 melalui 🏧 0392717882 An. Yudi Gilbert Ottay – BNI Info lebih lanjut Whatsapp: 📞 082293262734 . follow akun instagram kita @lentera_journey @jejak_sulawesi Hastag #lentera_journey #jejak_sulawesi Terimakasih, salam lestari ! . #latimojongmountain #exploresulawesiselatan #pendakigunungindonesia #pendakikusam_ #puncakrantemario #instamountains #pendaki #lentera_journey #latimojong #rantemario #latimojongmountain #latimojong3478mdpl #privatetriplatimojong #triprantemario #opentriprantemario #privatetriprantemario #pendaki #mountain #mountlatimojong #lentera_journey #opentripsemeru #opentripkerinci #opentripraung #opentripmerbabu #opentripsumbing #opentripsindoro #tripraung #tripsemeru #merbabu #triprantemario #tripkerinci #triprinjani #gandang_dewata

A post shared by LATIMOJONG MOUNTAIN (@lentera_journey) on

Latimojong merupakan salah satu seven summit Indonesia. Menaklukkan Gunung Latimojong menjadi impian para pendaki.

View this post on Instagram

Selamat Pagi dari Atap Sulawesi 💙 Akhirnya balik ke tempat ini setelah 4 tahun!! Dan Latimojong gak berubah, tanjakannya yg gak abis-abis bikin dengkul lemes masih ada ajah.. Kirain udah ada jalan datar bonus atau eskalator, atau minimal turunnya bisa pakai flying fox 😂🤣 ((in your dreams bex!!)) . . Perjalanan kali ini gue bilang sangat berkesan dan ninggalin banyak cerita, kalo ditulis bisa jadi 1 buku sendiri hahaha.. Yg jelas gue bersyukur dikeliling temen-temen sependakian yg bisa saling support, gak pernah ninggalin satu sama lain, saling bantu dan selalu bikin ketawa mulu meskipun dengkul udah berdisko gemeteran karna tanjakan yg goks! 🤣😅 "Walopun lelah, sangat lelah.. Tapi hati yg gembira itu selalu bisa menjadi obat penghilang lelah" Lelah, sakit, segala kendala terbayar dengan semua sajian dari Gunung Latimojong. Yaaa buat gue Latimojong seindah itu, kebun kopinya, pemandangan dari Desa Karangan, tanjakannya yg SERU!, hutan padet yg teduh, belum lagi view dari sepanjang jalan pos 5 menuju pos 7 KEREN! oh not forget to mention jalur menuju puncak Rante Mario, INDAH banget sih!! Gugusan bukit/gunung Latimojong diselimuti kabut dan awan, eerr gue betaahh berlama-lama disana 💙 Pelajaran yg gue dapat kali ini banyak bgt, salah satunya adalah "selalu jalanin sesuatu dengan hati yg baik dan tulus, karna elo akan selalu dapat hal baik bahkan sekalipun di dalam masalah" Dan gue menyebut trip ini adalah "Latimojong Blessed" karna yeah, diberkati banget dalam hal apapun! 💛 Yg mau tau lebih perjalanannya silahkan check ke #Latimojong19 ada dEmperor @hendrachiang dNetijen @hendranatanael , dLegend @haryost , dBaginda @ellricos , dYogaGirl @ihsan.nurita , dSweetOne @francyt and dManofthematch @edwardsuhadi , dStrongerMercury @sogan.bakri 😂 so proud to all of you pals! *eeiitss ga boleh baper hahaha.. And ofcorz my besties @billydjokosetio @petualang_sosmed @kikinzilla @babangvandy thank you for the great a companion!! I weekk you! Thank you to @basecamp.adventure as well for organized this trip! ❤️ . . . . #Latimojong

A post shared by abex 🇮🇩 (@anak_bebek) on

Trek awal pendakian memang bersahabat, tapi dari pos enam sampai puncak Rante Mario jalan yang akan ditemui adalah tanjakan curam, trek yang berliku, bebatuan cadas dan tajam yang bakal menguras tenaga. Perlu stamina ekstra!

(disadur dari idntimes.com/Nazhifatun Nurul L)

Leave a Reply

%d bloggers like this: