Cuma Rebahan Aja di Akhir Pekan? Isi Perut dengan 5 Kuliner Anti Mainstream Berikut, Bikin Kenyang!

Banyak tipikal orang bila akhir pekan tiba. Ada yang semangat untuk melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari olahraga, jalan-jalan, kulineran, berbelanja, hingga melakukan hobi.

Namun, tak sedikit pula yang memilih rebahan untuk memuaskan diri setelah lelah bekerja selama kurang lebih seminggu lamanya. Maka dari itu, orang tipikal seperti ini banyak yang menyebutnya sebagai kaum rebahan.

Tak masalah menjadi kaum rebahan bila akhir pekan tiba. Tapi, jangan lupakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh seperti makan. Untuk itu, berikut ini ada lima pilihan menu makanan akhir pekan yang cocok buat para kaum rebahan!

1. Ayam pongteh

Bila di Indonesia, ayam pongteh hampir serupa dengan semur ayam kentang. Perbedaannya adalah adanya tambahan jamur shitake pada kuliner ayam yang populer di Malaysia tersebut.

Tidak hanya kecap manis dan berbagai macam bumbu, ayam pongteh dimasak pula dengan tambahan bumbu tauco. Ayam pongteh makin segar untuk disantap karena rasa pedasnya yang berkolaborasi dengan rasa manis dan gurih.

2. Bulgogi

Bertabur meriahnya wijen putih, olahan daging sapi yang nampol banget di lidah asal Korea Selatan ini bisa jadi pilihan menu akhir pekan para kaum rebahan.

Bulgogi dimasak dengan cara dipanggang. Daging sapi yang dipilih untuk masakan ini biasanya has luar atau has dalam, yang direndam dalam campuran kecap, gula, bawang merah, bawang putih, biji wijen, minyak wijen, dan lada hitam selama kurang lebih satu jam lamanya.

3. Mapo tofu

Bisa menggunakan campuran daging sapi sebagai pelengkap kenikmatannya, mapo tofu ialah tumis tahu sutra potong dadu khas Tiongkok yang enak banget jadi pendamping nasi.

Memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, mapo tofu diolah dengan fermentasi kacang hitam atau dikenal dengan nama dou-chi. Sedangkan untuk rasa pedasnya sendiri, mapo tofu mengandalkan lada sichuan.

4. Cha ca la vong

Cha ca la vong ialah menu makanan khas Vietnam terbuat dari ikan jenis fillet dan kunyit, yang dipadukan dengan sayuran hijau. Tidak hanya itu, cha ca la vong dilengkapi pula dengan bihun.

Dimasak dengan cara ditumis, cha ca la vong cocok banget jadi pilihan para kaum rebahan mengingat makanan satu ini diolah bersama bihun. Yang  mana, bihun terbuat dari beras sehingga memberi rasa kenyang yang cukup nampol di perut.

5. Orh luak

Di Taiwan, orh luak disantap bersama aneka ragam saus yang bikin rasanya makin sedap saat dikunyah. Jika di negara kita, orh luak dapat dijadikan sebagai lauk untuk pendamping nasi.

Orh luak sendiri ialah telur dadar yang dimasak bersama bahan lain, terdiri dari tiram, daun bawang, dan daun peterseli, yang dicampur juga dengan tepung ubi jalar dan tepung beras.

(disadur dari idntimes.com/Tifani Topan)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment