Dari Sambal Goreng sampai Kepiting, 5 Kuliner Khas Tarakan Ini Menggugah Selera!

Setiap kota atau daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya yang juara, termasuk Tarakan. Kota yang berada di Kalimantan Utara ini menduduki peringkat ke-17 sebagai kota terkaya di Indonesia, lho!

Sebelum liburan ke Tarakan, ada baiknya simak dulu ragam kuliner khasnya yang siap memanjakan lidahmu!

1. Kepiting soka

Kepiting soka khas Tarakan ini mudah ditemui di sepanjang jalan hingga restoran. Cara memasaknya pun cukup beragam. Salah satu favoritnya dengan cara digoreng tepung dan bumbu asam manis.

2. Tumis kapah

Hidangan yang kaya akan protein ini ditumis bersama bawang merah, bawang putih, dan sambal jeruk nipis. Selanjutnya, bahan-bahan itu dimasukkan ke dalam kapah dan ditumis sampai matang.

3. Sambal goreng tudai

Tudai yang biasa disebut dengan kerang darah ini dimasak dengan bumbu bawang putih, bawang merah, tomat, dan cabai merah. Tudai harus dimasak hingga mengeluarkan minyak.

4. Lawa

Makanan satu ini sudah terkenal di Kalimantan Utara sebagai hidangan pembuka. Terbuat dari sayuran mentimun dan rumput laut. Kedua bahan tersebut dikombinasikan dengan udang atau kerang.

5. Sate temberungun

Temberungun merupakan jenis kerang dengan cangkang yang melingkar dihidangkan bersama bumbu yang kaya akan rempah-rempah.

(disadur dari idntimes.com/Naufal Al Rahman)

Leave a Reply

%d bloggers like this: