Dari Sumatra Hingga Papua, Inilah 8 Kota Paling Ramai Dibicarakan untuk Destinasi Wisata Akhir Tahun

Media sosial menjadi sarana utama bagi millennials mencari informasi seputar destinasi wisata. Berdasarkan data selama 1 Oktober hingga 8 November 2019, sebuah perusahaan media intelligence, Isentia, telah merangkum delapan destinasi Indonesia terpopuler di media sosial.

Menurut laporan Isentia, delapan destinasi tersebut paling ramai dibicarakan sebagai tujuan liburan akhir tahun nanti. Hmm, kira-kira mana saja, ya?

1. Yogyakarta

Yogyakarta sukses mengalahkan popularitas Bali pada tahun lalu. Kali ini, Kota Gudeg paling banyak diperbincangkan dengan mendapatkan 40.988 buzz. Gak heran sih, karena banyak tempat wisata baru di sini.

The Lost World Castle, Kaliurang

Yang terpenting, liburan di Yogyakarta relatif terjangkau. Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau umum, tergantung bujet yang kamu siapkan.

2. Bali

Bertengger di peringkat ke-2, ada Bali yang meraih 37.797 buzz. Pulau Dewata menawarkan pesona alam dan budaya yang tidak mungkin bisa didapatkan di daerah lain.

Hidden Canyon Beji Guwang, Gianyar

Orang-orangnya sangat ramah, mereka sangat menjunjung tinggi toleransi terhadap perbedaan. Tak kalah spesial, pilihan kuliner khasnya sangat lezat. Ada sate lilit, nasi jinggo, nasi tepeng, komoh, rujak kuah pindang, hingga lawar. Mana yang sudah pernah kamu coba?

3. Jawa Timur

Selain Bali, Jawa Timur juga menjadi destinasi populer bagi kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Betapa indahnya pesona wisata yang ditawarkan. 

Tumpak Pare, Ponorogo

Sunrise di Bromo Probolinggo, pesona api biru di Kawah Ijen Banyuwangi, beningnya laut di Gili Labak Madura, hingga seru-seruan di Jatim Park, Batu. Gak heran, kalau Jawa Timur berhasil mendapatkan 20.164 buzz.

4. Jawa Tengah

Terpilihnya Yogyakarta di nomor satu, tentu berpengaruh karena kepopuleran dari Jawa Tengah itu sendiri. Dengan 16.143 buzz, ada banyak destinasi pilihan terbaik yang bisa kamu kunjungi selain Kota Gudeg.

Baturaden, Banyumas

Misalnya ada Candi Borobudur di Magelang, Lawang Sewu di Semarang, Karimunjawa di Jepara, Pantai Nampu di Wonogiri, Gua Petruk di Kebumen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Papua Barat

Dibandingkan wilayah lainnya, liburan ke Papua Barat memang cukup menguras biaya dalam hal transportasi. Meski demikian, kamu gak akan rugi menghabiskan waktumu ke sini. 

Pegunungan Arfak, Manokwari

Kepulauan Raja Ampat, Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Pegunungan Arfak, Pagoda Sapta Ratna, Danau Framu, akan memberikanmu pengalaman liburan yang luar biasa. Makanya, gak heran kalau Papua Barat bisa mendapatkan 9.149 buzz.

6. Sumatera Utara

Selanjutnya, ada Sumatera Utara yang mendapatkan 6.558 buzz. Provinsi ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak ini sangat terkenal dengan budayanya. Ada beragam festival kelas internasional yang diadakan di sini.

Pantai Tureloto, Nias Utara

Beberapa di antaranya seperti Festival Danau Toba, Ya’ahowu Nias Festival, Pekan Raya Sumatera Utara, Festival Tenun 2019, Tao Silalahi Art Festival, dan sebagainya.

7. Sulawesi Tenggara

Labengki dan Sambori menjadikan Sulawesi Tenggara meraih 4.661 buzz. Sebelumnya wilayah ini terkenal dengan Taman Laut Wakatobinya. Wisata bahari yang punya luas sekitar 1,39 juta hektare.

Pantai Meleura, Lohia

Sulawesi Tenggara juga punya beragam wisata memesona lainnya, yakni Air Terjun Moramo, Pantai Nambo, Pantai Liwutongkidi, Danau Biru, dan sebagainya.

8. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan ini juga kental dengan tradisi suku dan agamanya. Apalagi, terdapat tiga suku yang mendominasi, yakni Bugis, Makassar, dan Toraja.

Masjid 99 Kubah, Makassar

Salah satu yang terpopuler adalah Kete Kesu. Sebuah kampung wisata yang pernah meraih penghargaan “Kampung Adat Terpopuler” dari Pesona Indonesia.

(disadur dari idntimes.com/Reza Iqbal)

Leave a Reply

%d bloggers like this: