Harus Traveling Menggunakan Pesawat? Nggak Perlu Takut, Berikut 8 Langkah Terhindar COVID-19

Penyebaran virus corona semakin hari semakin menjadi. Virus yang diprediksi akan berdampak pada 70 persen populasi manusia di bumi ini mempengaruhi banyak hal. Salah satunya jumlah penumpang pesawat yang menurun.

Banyak maskapai yang sampai menurunkan harga tiketnya supaya tak merugi. Perjalanan udara menjadi salah satu faktor banyak orang yang terkena virus mematikan ini. Sebab, di situlah banyak orang dari negara yang berbeda akan bertemu.

Meski demikian, seperti yang dilansir dari Insider, terdapat beberapa cara yang bisa penumpang pesawat lakukan, supaya terhindar dari virus corona. Simak ulasannya berikut ini!

1. Melakukan vaksin sebelum keberangkatan

Tujuan utama vaksin adalah supaya tak mudah terjangkit penyakit menular. Tak hanya penyakit malaria dan tifus, tetapi juga menahan diri dari serangan flu yang menjadi indikasi virus corona.

Seperti yang dikatakan Direktur Kedokteran di NYU Langone Health, Scott Weisenberg, mendapatkan vaksin sebelum bepergian akan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, terhindari dari beberapa penyakit, termasuk virus corona.

2. Selalu menjaga kebersihan tangan

Tangan seringkali menyentuh bagian penting di tubuh, seperti wajah dan mata. Selama di pesawat, pastikan tanganmu selalu bersih, rutinlah mencuci tangan dengan sabun. Jangan sesekali memegang wajah, apalagi mata ketika tangan dalam keadaan kotor.

Pembersih tangan atau hand sanitizer wajib ada di dalam tas kecilmu. Benda tersebut bisa menjadi penyelamat di saat-saat penyebaran virus yang sedang marak ini.

3. Bersihkan bagian-bagian yang sering disentuh di kursimu

Maskapai memang memiliki pegawai untuk melakukan pembersihan setiap pesawat akan terbang. Mulai dari tempat duduk hingga kamar mandi, dipastikan tak ada bagian yang terlewatkan.

Namun, tetap saja di saat-saat seperti ini, kamu harus lebih waspada. Bawalah tisu pembersihmu sendiri, lalu bersihkan bagian-bagian kursi yang rentan disentuh.

Di antaranya seperti penutup kursi, meja lipat, sandaran tangan, sandaran kepala, layar di belakang kursi, hingga ventilasi udara di atasmu. Kalau kamu duduk di dekat jendela, jangan ragu untuk membersihkannya pula, ya!

4. Menjaga jarak dengan penumpang lainnya

Kamu tak akan tahu keadaan penumpang yang akan duduk di sebelahmu. Bisa jadi ia sedang tak enak badan dan menunjukkan gejala virus corona.

Lorong seringkali dilalui banyak pengunjung yang akan ke toilet dan pramugari yang menawarkan makanan. Duduklah di kursi paling pojok dekat jendela, dengan begitu intensitasmu berinteraksi dengan orang lain semakin sedikit.

5. Kurangi intensitas ke toilet

Toilet menjadi tempat dengan jumlah kuman paling tinggi. Sebisa mungkin kurangi intensitasmu di sana. Sebab, gagang pintu hingga tombol flush disentuh banyak orang dan jarang dibersihkan. Sudah pasti banyak kuman menempel di sana.

Kalau memang harus ke toilet, cucilah tanganmu sebelum keluar dengan sabun hingga bersih. Saat sudah duduk di kursimu, bersihkan lagi tanganmu dengan hand sanitizer, supaya tak ada kuman yang menempel.

6. Gunakan masker

Jumlah penumpang dalam satu pesawat tentu ada banyak. Dengan begitu, kualitas udara pun bisa jadi membawa berbagai virus. Pakailah masker untuk menghindari paparan langsung dengan udara kotor.

N95 menjadi masker terbaik yang digunakan untuk menangkal virus corona. Masker ini bisa menyaring hingga 95 persen partikel kecil di udara, termasuk kuman penyebab virus.

7. Arahkan ventilasi udara di atas kursi ke dirimu

Sebagian besar pesawat sudah memiliki filter HEPA yang berfungsi menyaring udara. Di atas tempat duduk selalu ada ventilasi udara untuk mengeluarkan udara bersih, sehingga pastikan itu mengarah langsung kepada kamu.

Penelitian The Points Guy menyatakan udara ventilasi ini dapat melindungi penumpang dari udara yang tak tersaring. Terdapat pula penutup, sehingga kamu bisa mengatur sendiri arah ventilasi ini.

8. Perbanyak minum air mineral

Keadaan dehidrasi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuhmu jadi lemah. Untuk melembapkannya, pastikan kamu minum air mineral dengan jumlah cukup. Hindari minuman beralkohol atau berkafein, itu akan memperburuk keadaan.

Selain menguatkan sistem kekebalan, air mineral juga mampu mencegah selaput lendir di dalam tubuh mengering, seperti mulut, hidung, dan tenggorokan. Saat mengering, kuman penyebab virus berbahaya bisa berkembang dengan pesat.

(disadur dari idntimes.com/Naufal Al Rahman)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment