Jadi Orang Pertama yang Diberi Vaksin COVID-19 Bareng Presiden Jokowi, Raffi Ahmad: “Ayo kita vaksin, jangan takut”

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Rabu 13 Januari 2021, menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksinasi vaksin COVID-19. Vaksinasi digelar di Istana Kepresidenan Jakarta pukul 09.40.

Jokowi yang mengenakan kemeja lengan pendek lengkap dengan masker, diperiksa oleh petugas vaksinasi. Jokowi langsung melakukan serangkaian tes kesehatan yang mencakup tensi darah serta riwayat kesehatan terkini.

“Sudah lama saya nggak periksa,” kata Jokowi berkelakar di depan petugas.

Setelah petugas mengetahui riwayat kesehatan Jokowi, kepala negara kemudian bergeser ke meja sebelah untuk menjalani serangkaian penyuntikan vaksin. Proses penyuntikan vaksin pun berlangsung tidak sampai 3 menit.

Adalah Prof Abdul Mutalib, Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan yang menyuntikkan vaksin corona, Sinovac ke Presiden Joko Widodo. Momen suntikan tersebut jadi sorotan publik karena tayangan close up menunjukkan tangan sang dokter sempat gemetar.

Ia bercerita, selama penyuntikan vaksin kepada Presiden Jokowi tidak ada masalah sama sekali. Termasuk tak ada pendarahan yang terjadi saat melakukan suntikan.

Pasca disuntik, Jokowi juga mengaku tak ada rasa sakit yang dirasakan.

“Alhamdulillah saya berhasil menyuntikkan vaksin ke Pak Presiden tanpa rasa sakit,” ujarnya dalam siaran langsung vaksinasi COVID-19.

Soal gemetar yang dialaminya saat menyuntik vaksin corona ke Jokowi, menurutnya terjadi di awal saja. Selebihnya, hal tersebut bisa diatasi.

“Pertamanya saja gemeteran. Setelahnya tidak ada masalah,” katanya.

Selain Presiden Jokowi, Ketua Ikatan Dokter Indonesia juga ikut disuntik vaksin corona pertama. Begitu juga dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, yang disuntik vaksin corona pada tahap pertama.

Selanjutnya, dari kalangan artis, Raffi Ahmad terlihat ikut disuntik vaksin corona. Dalam unggahan terbarunya di Instagram, Raffi menghimbau followers-nya untuk tidak takut divaksin.

“Bersama Panglima TNI dan Kapolri 🇮🇩 Ayoooo Kita Vaksin 💪 Jangan Takut 😇 Semoga kita sehat selalu 🙏” tulis Raffi dalam caption-nya.

Selanjutnya, tahapan vaksinasi COVID-19 akan dilakukan pada tenaga kesehatan yang dianggap penerima prioritas. Meski begitu, bagi yang pernah terkonfirmasi COVID-19, belum bisa mengikuti vaksinasi karena prioritas akan diutamakan pada yang belum pernah terpapar.

(disadur dari cnbcindonesia.com/Chandra Gian Asmara & health.detik.com/Nafilah Sri Sagita K, kompas.com/Ady Prawira Riandi, Tri Susanto Setiawan)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *