Jangan Olahraga Sebelum Berbuka! Bukan Bikin Langsing, Malah Tambah Gembul

Di tengah pandemi corona, penting untuk menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. Biarpun sedang melakukan ibadah puasa, Anda masih bisa berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa menambah daya tahan tubuh.

Namun tak sedikit masyarakat yang cenderung berolahraga saat ngabuburit, sambil menunggu adzan maghrib dan waktu berbuka puasa. Padahal, olahraga di waktu tersebut bukanlah pilihan yang tepat.

Hal itu dikatakan oleh dokter sekaligus ahli gizi komunitas, dr Tan Shot Yen MHum. 

“Ferrari gak bisa lari sebelum isi bensin. Kebayang nggak, masih defisit kalori, dihajar keluarin kalori? (dengan olahraga sore hari),” kata Tan kepada Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Ungkapan yang diucapkan oleh Tan tersebut dimaksudkan bahwa pada kondisi berpuasa dan menjelang sore hari, tidak sedikit orang yang merasakan tubuh lemas.

Dengan kondisi tubuh lemas itu, tidak ada jenis olahraga yang benar-benar bermanfaat. Sebab, pola makan setelah berolahraga di sore hari kemudian melahap banyak makanan tanpa perhitungan saat berbuka puasa justru bukanlah pilihan yang tepat.

“Paling (olahraga) yang dikeluarkan tubuh misal ya, 100 kkal. Habis itu berbuka kan? Makan hajar-hajaran (sebanyak mungkin), laper kan, minum manis-manis masuk deh 400 kkal sekaligus. Kira-kira ini orang jadi langsing abis puasa, atau makin gembul?” ujar dia.

Oleh sebab itu, Tan memberikan saran bagi Anda yang tetap ingin melakukan gerakan ringan ataupun berolahraga pada waktu yang tepat.

Saran dari Tan, lakukanlah olahraga sehabis berbuka puasa atau setelah makan malam. Tetapi, upayakan istirahat sebentar setelah makan tersebut. Biarkan makanannya tercerna dahulu dengan baik di dalam perut, setidaknya sekitar 30-40 menit.

Jenis olahraga yang bisa Anda coba lakukan yaitu sepeda statis, treadmill, ataupun cross training.

(disadur dari kompas.com/Sri Anindiati Nursastri)

Portal Media Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment