Laki-laki Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung Seperti yang Menimpa Ashraf Sinclair. Benarkah?

Kabar meninggalnya Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari (BCL) karena serangan jantung telah meninggalkan duka mendalam. Ashraf mangkat dalam usia yang terbilang masih muda, yaitu 40 tahun.

Hal tersebut menimbulkan tanda tanya di tengah masyarakat, apakah masalah kardiovaskular bisa menimpa golongan muda?

Pakar Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASM bercerita bagaimana kasus meninggal dunia akibat serangan jantung termuda yang pernah ia temukan, adalah seorang laki-laki berusia 28 tahun.

Kata dr. Sally, risiko penyakit jantung pada laki-laki muda memang lebih tinggi dari pada perempuan muda. Hal ini, lanjut dokter yang berpraktik di RSCM tersebut, terjadi karena perempuan memiliki hormon estrogen yang dapat berperan laiknya ‘pelindung’ jantung.

“Memang betul (penyakit jantung lebih berisiko pada laki-laki), ini karena perempuan itu punya efek perlindungan dari hormon estrogen, kalau laki-laki nggak punya,” ujar dr. Sally saat dihubungi Suara.com Selasa (18/2/2020).

Ditambahkan, hormon estrogen atau hormon reproduksi yang diproduksi tubuh perempuan lebih banyak dibanding laki-laki. Hormon tersebut berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ seksual perempuan serta mampu melindungi seluruh pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung.

“(Serangan jantung) lebih banyak pada laki-laki muda, kalau laki-laki itu semua umur, dari usia 30 sampai dia meninggal itu risikonya sama. Risikonya makin tinggi dibanding perempuan,” ungkapnya.

Pada perempuan, risiko serangan jantung akan sama dengan laki-laki jika sudah memasuki masa menopause. Itu terjadi karena hormon estrogen yang diproduksi indung telur, jaringan lemak, dan kelenjar adrenal, bekerja saat perempuan masih mendapatkan menstruasi.

“Kalau menopause, (serangan jantung) sama risikonya laki-laki maupun perempuan,” tutupnya.

(disadur dari suara.com/Risna Halidi, Dini Afrianti Efendi)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment