Mandi dengan Mata Tertutup, Berikut 7 Cara Unik Tingkatkan Fungsi Otak

Menjaga fungsi otak agar tetap prima adalah hal yang penting untuk kita lakukan. Memberi otak pengalaman baru yang menggabungkan indera fisik — penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran — dengan “indera” emosional akan merangsang lebih banyak koneksi antar area otak yang berbeda.

Hal ini menyebabkan sel-sel saraf menghasilkan nutrisi otak alami yang membantu meningkatkan daya ingat, dan membuat sel otak menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan. Berikut cara sederhana untuk meningkatkan fungsi otak kita.

1. Sikat gigi dengan tangan yang tidak dominan

Penelitian telah menunjukkan, menggunakan sisi berlawanan dari otak dapat menghasilkan perkembangan yang cepat dan substansial pada bagian-bagian korteks yang mengontrol dan memproses informasi sentuhan dari tangan.

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, cobalah menyikat gigi dengan tangan non-dominan dan jangan lupa untuk membuka tabung dan oleskan pasta gigi dengan tangan non dominan itu juga.

2. Mandi dengan mata tertutup

Cara ini akan membuat tangan merasakan beragam tekstur tubuh kita sendiri yang tidak kita lihat dan akan mengirim pesan kembali ke otak.

Untuk melatih otak, coba gunakan hanya indera peraba saat sedang mandi.  Hidupkan keran dengan mata tertutup atau basuh dan bersihkan tubuh juga dengan mata terpejam.

3. Buat karya seni

Seni mengaktifkan bagian nonverbal dan emosional korteks serebral. Ketika kita membuat karya seni, kita bekerja dengan bagian otak yang tertarik pada bentuk, warna, dan tekstur, serta proses pemikiran yang sangat berbeda dari pemikiran logis dan linier yang mengisi sebagian besar hari kita.

Kita bisa menggambar sesuatu yang terkait dengan tema tertentu seperti musim, emosi, atau peristiwa terkini.

4. Buat lebih banyak koneksi sosial di siang hari

Penelitian ilmiah telah berulang kali membuktikan, kurangnya hubungan sosial memiliki efek negatif yang parah pada kemampuan kognitif secara keseluruhan.

Untuk itu, kita bisa mengatasinya dengan membeli minuman atau makan siang bersama teman.

5. Membaca dengan suara

Ketika kita membaca dengan suara keras atau membaca untuk orang lain, kita menggunakan sirkuit otak yang sangat berbeda daripada saat kita membaca secara diam-diam untuk diri kita sendiri.

Untuk melatih otak, bacalah dengan keras bersama pasangan atau teman, lalu kita bisa berganti peran sebagai pembaca dan pendengar. Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk quality time bersama teman atau pasangan.

6. Makan makanan asing

Sistem penciuman kita dapat membedakan jutaan bau dengan mengaktifkan kombinasi unik dari reseptor di hidung.

Ada tautan langsung ke pusat emosi otak, sehingga aroma baru dapat membangkitkan perasaan dan asosiasi yang tak terduga.

Untuk melatih otak kita, pilihlah masakan yang asing bagi kita, dan jelajahi beragam sayuran, bumbu, dan barang kemasan baru.

7. Buka kaca mobil atau kendaraan

Hippocampus, area otak yang memproses ingatan, terutama yang terlibat dalam mengaitkan bau, suara, dan pemandangan sangat berperan dalam membangun peta mental.

Untuk itu, cobalah mengidentifikasi bau dan suara baru saat melakukan perjalanan. Kita bisa membuka jendela saat berada di perjalanan, sehingga bisa melihat pemandangan dan merasakan udara sekitar lebih leluasa.

(disadur dari kompas.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: