Mulai dari Air Terjun, Sungai sampai Candi, Jombang Punya 5 Tempat Wisata Sekeren Ini!

Kota Santri ini menyimpan banyak keindahan alam yang seakan tak ada habisnya untuk dieksplor. Meski Jombang tidak memiliki pesisir pantai, tapi punya wisata yang tak kalah menarik!

1. Kedung Cinet

Jernihnya sungai yang terletak di tengah bebatuan kapur ini jadi salah satu wisata favorit Jombang. Bebatuan kapur di sekitar sungai membentuk menyerupai tebing, seperti Grand Canyon.

Meski lokasinya jauh dari perkotaan, tapi pemandangannya sangat indah dan gak bikin nyesel.

2. Air Terjun Tretes Pangajaran

Kalau ingin mencapai air terjun dengan ketinggian 158 meter ini, kamu harus menempuh jalan yang cukup jauh dan sulit. Namun sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan serba hijau yang bikin tenteram.

Sesampainya di air terjun, aliran air dengan suara kencang bisa mengobati kelelahan selama perjalanan.

3. Taman Ponggok Bandar

Taman yang dipenuhi bunga marigold berwarna kuning dan oranye ini sangat instagramable. Kamu bisa berkeliling taman menikmati keindahan bunga yang tertata rapi.

Tak hanya bunga marigold, ada juga matahari, tanaman padi, hingga labu. Cocok banget buat kamu yang sedang ingin hunting foto.

4. Gua Sigolo Golo

Gua di kawasan Wonosalam ini tidak terlalu besar. Bentuknya menyerupai lorong dan tidak terlalu dalam.

Menariknya, saat kamu keluar lewat lorong tersebut, pemandangan dataran tinggi yang indah akan menyambutmu. Kamu bisa melihat perbukitan hijau yang dipenuhi pepohonan yang bikin hati makin adem.

5. Candi Rimbi

Candi yang setengah bagiannya hampir hancur ini merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit. Saat itu digunakan sebagai penghormatan untuk Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani yang memerintah Kerajaan Majapahit pada era tersebut. Kamu tidak boleh melewatkan wisata sejarah ini saat berkunjung ke Jombang.

(disadur dari idntimes.com/Prila Arofani)

Leave a Reply

%d bloggers like this: