Mulai dari Sambal Ganja sampai Bubur Memek, 5 Kuliner Khas Aceh Ini Lezat Bukan Main!

Tak hanya kaya akan adat dan budayanya yang unik, Aceh juga dikenal memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Kuliner khas Kota Serambi Mekkah ini dikenal memiliki cita rasa rempah yang sangat kuat. Gak heran kalau banyak orang ketagihan dengan masakan Aceh.

Nah, kalau kamu main ke Aceh, ada beberapa kuliner yang harus kamu coba. Contohnya seperti deretan kuliner berikut ini.

1. Mie Jalak Sabang

Selain mie Aceh, ada juga mie jalak Sabang yang patut kamu coba saat singgah di Aceh Utara. Tekstur mienya kenyal. Biasanya disajikan dengan potongan daging, telur rebus, taoge, dan disiram kuah kaldu yang gurih.

2. Sambal Ganja

Meski namanya sambal ganja, tapi sambal yang punya nama lain asam udeung ini gak benar-benar menggunakan ganja, kok. Sambal khas Aceh ini diberi nama ganja, karena dipercaya akan membuat siapa pun yang mencobanya ketagihan saking enaknya.

Sambal ganja menggunakan udang sebagai salah satu bahan utama. Sambal ini punya cita rasa bermacam-macam yang menyatu dalam satu cobek.

Pedasnya cabai bercampur gurihnya udang, lalu ditambah rasa asam segar dari belimbing wuluh muda, serta aroma wangi dari daun jeruk dan serai. Hmmm nikmat!

3. Sate Matang

Aceh juga punya sate khas, yakni sate matang. Sate ini bisa kamu temukan di daerah Matang, Kabupaten Bireuen.

Yang membuatnya istimewa adalah proses memasaknya. Sate matang biasanya menggunakan daging kambing atau sapi.

Daging kambing biasanya akan diungkep dengan bumbu khas Aceh, sebelum kemudian dibakar. Sate matang kemudian disajikan dengan kuah soto yang gurih.

4. Bubur Memek

Meski namanya sedikit nyeleneh, tapi kuliner khas Simeulue ini baru saja ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2019.

Nama memek sendiri sebenarnya diambil dari kata mamemek, yang berarti mengunyah atau menggigit. Bubur memek terbuat dari campuran pisang, beras ketan, santan, dan gula. Beras ketan awalnya disangrai.

Pisang ditumbuk kasar, sehingga teksturnya masih terasa. Pisang kemudian dicampur dan dimasak dengan beras ketan yang sudah disangrai, santan, dan gula.

Memek menjadi jamuan wajib ketika ada tamu pemerintahan atau orang penting yang datang ke Simeulue.

Selain itu, masyarakat lokal selalu menyediakan bubur ini ketika bulan Ramadan. Memek menjadi takjil favorit yang gak boleh ketinggalan saat berbuka.

5. Dendeng Rusa

Kalau biasanya dendeng menggunakan daging sapi, Aceh punya dendeng yang menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya.

Sama seperti dendeng pada umumnya, daging akan diolah hingga kering. Dendeng rusa punya cita rasa yang gurih dan biasanya dijadikan oleh-oleh khas Aceh.

(disadur dari idntimes.com/Andry Trisandy)

Leave a Reply

%d bloggers like this: