New Normal, 5 Destinasi Wisata Ini Dibuka dengan Aturan Protokol Kesehatan

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal atau era normal baru dalam waktu dekat.

Skenario new normal ini diharapkan pemerintah dapat mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Harapannya juga bisa membuka keran pariwisata di Indonesia.

Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi spot wisata saat new normal, berikut rekomendasinya. Tapi ingat, harus tetap ikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku ya!

1. Lembah Ngarai Sianok

Bukittinggi menjadi kota pertama di Sumatera Barat yang memulai era new normal, sehingga ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Salah satu spot wisata yang bisa dikunjungi adalah Lembah Ngarai Sianok. Ngarai Sianok berlokasi di Kecamatan Guguk Panjang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Lembah Ngarai Sianok pesonanya sudah dikenal sejak zaman kolonial. Ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi di sana, seperti Tabiang Takuruang, Janjang Koto Gadang, Rumah Pohon Inyiak, hingga Taruko Cafe Resto.

Di Lembah Ngarai Sianok, kamu bakal disuguhi panorama alam yang sangat cantik berupa perbukitan dan tebing-tebing yang menjulang tinggi.

2. Gili Trawangan

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno merupakan destinasi wisata andalan Nusa Tenggara Barat yang berlokasi di sebelah barat laut Pulau Lombok.

Ketiganya diperkirakan mulai bisa dikunjungi pada pean kedua Juni 2020. Nantinya, wisatawan yang ingin berkunjung ke ketiga pulau tersebut akan diperiksa di puskesmas yang sudah dipilih pengelola.

Wisatawan juga bisa melakukan rapid test mandiri di masing-masing kabupaten asal sebelum berkunjung ke Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

3. Garuda Wisnu Kencana

Bali menjadi pilot project destinasi wisata di era new normal. Ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya Garuda Wisnu Kencana atau GWK.

GWK menjadi landmark yang wajib dikunjungi saat ke Bali. Patung ini merupakan salah satu patung tertinggi di dunia.

Patung yang berlokasi di Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 21.00. Tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

4. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata favorit di Lembang, Kabupaten Bandung. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Ada banyak spot kawah menawan yang bisa kamu kunjungi, yakni Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Masing-masing kawah memiliki pesonanya sendiri-sendiri.

Kamu juga bakal disuguhkan suasana yang sejuk khas pegunungan. Cocok banget buat melepas penat.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan yang berlokasi di perbatasan Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah, juga bisa dikunjungi pada 8 Juni 2020. Aturannya sama. Kamu wajib mengikuti protokol kesehatan.

Selain menggunakan masker, para pengunjung nantinya akan diberikan stiker setelah diperiksa suhu tubuhnya. Stiker tersebut sebagai penanda suhu tubuh dan terdiri dari tiga warna, yakni hijau, kuning, dan merah.

Stiker hijau untuk wisatawan dengan suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius. Stiker kuning untuk pengunjung dengan suhu tubuh di antara 37,5-37,7 derajat Celsius, dan pengunjung dengan suhu di atas 38 derajat Celsius akan diberikan stiker merah.

(disadur dari idntimes.com/Andry Trisandy)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment