Pengen Seafood? Cobain 5 Hidangan Perairan Khas Kalimantan yang Maknyus Ini!

1. Gence Ruan

Pembuatan gence ruan sekilas mirip seperti ikan bakar Manokwari. Gence ruan biasanya menggunakan ikan gabus yang telah dibersihkan lalu dibelah menjadi dua bagian, kemudian dibakar. Sebelum dibakar, ikan dilumuri dengan menggunakan garam sebagai bumbu.

Setelah matang, ikan dilumuri kembali dengan bumbu halus gence ruan yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, gula, garam, air, asam Jawa, lalu ditumis. Wah! Nikmat banget nih disantap pada siang hari dengan memandangi cantiknya pantai Pulau Beras Basah.

2. Tudai Pedas Manis

Masih satu saudara dengan kerang, bedanya tudai memiliki daging sedikit lebih tebal. Masakan perairan khas Tanjung Selor ini biasanya dimasak dengan mencampurkan bumbu dan saos tiram. Sehingga menikmatinya sedikit terasa kuah kental, namun pedas manis. 

Tudai nikmat disantap di segala waktu. Buat kalian yang bingung setiap harinya, mau masak apa hari ini? Tudai asam pedas bisa jadi alternatif lauk pauk yang simple untuk dinikmati bersama keluarga.

3. Sate Ikan Pari

Bosan dengan olahan sate daging, sate ikan pari bisa jadi alternatif untuk meningkatkan nafsu makan. Ikan pari yang telah dipotong dadu direndam dahulu dengan perasan jeruk nipis untuk meminimalisir bau amis, yang kemudian dibumbui lalu dipanggang.

Rata-rata saus pelengkap sate pari tidak menggunakan saus kacang atau kecap, melainkan racikan dari sambal botol yang dicampur dengan bawang merah, tomat, gula, dan garam. Tapi itu tergantung dengan selera juga, ya. Menggunakan sambal kecap atau kacang, sama nikmatnya kok!

4. Asam Pedas Tempoyak

Tempoyak sendiri ialah fermentasi dari buah durian. Di Kalimantan, sedapnya tempoyak dipadupadankan dengan ikan air tawar seperti ikan patin atau nila (sesuai selera) yang dicampur dengan bumbu dan tak lupa asam Jawa yang bikin cita rasa masakan ini makin mantap.

View this post on Instagram

Kali ini, kita akan coba mencoba mengulik sedikit salah satu kuliner khas dari Ketapang dan Pontianak yg dikenal dengan nama Asam Pedas Tempoyak. Tempoyak merupakan bumbu yg terbuat dari bahan berupa daging buah durian yg telah mengalami proses fermentasi. Tempoyak sendiri sangat terkenal di daerah Sumatera, khususnya Bengkulu. Aroma durian yang menyengat justru sangat cocok dipadukan dengan masakan ikan dari Kalimantan Barat ini. Berbahan utama ikan, maka untuk memasak ikan asama pedas ini digunakan jenis ikan pilihan yang masih segar. Ikan yg digunakan adalah ikan dengan tekstur daging yang tebal dan tidak memiliki banyak tulang, seperti ikan patin dan ikan angsam. Jenis ikan diatas kemudian dibumbui dengan bumbu uleg dengan pewarna alami dari kunyit ditambah serai, jahe dan lengkuas untuk menambah kekayaan bumbu pada masakan.Untuk menciptakan rasa dahsyatnya, tempoyak tadi ditambahkan sehingga aroma yg keluar benar-benar menggoda. Kombinasi aroma tempoyak dengan lembutnya daging ikan pilihan dalam satu kuah kaldu yg gurih dijamin bikin kamu ketagihan sekali mencicipinya. Makanan yg begitu terkenal di Kota Pontianak dan Ketapang ini menjadi kudapan istimewa dengan tampilan kaldu kuningnya yang cantik. Penasaran seperti apa rasa Asam Pedas Tempoyak? Kamu bisa mampir ke beberapa kedai makanan di pinggiran sungai Pontianak dan Ketapang selama singgah di Kalimantan Barat. . . . Follow @limaukuit untuk update informasi lainnya seputar kesehatan, kecantikan, kuliner, event, tempat menarik, kuis berhadiah dan sebagainya di Kalimantan Selatan. #limaukuit #kalimantan #like #follow #kuliner #kulinerindonesia #kuekhasindonesia #makananindonesia #kulinerkalbar #kulinerkhaskalbar #asampedastempoyak #kalbar #kalimantanbarat backpackerjakarta.com asam pedas tempoyak

A post shared by LIMAU KUIT (@limaukuit) on

Sedikit berkuah, asam pedas tempoyak cocok sekali dinikmati oleh kalian pecinta makanan pedas. Rasa gurihnya yang meresap hingga ke daging ikan bikin nafsu makan meningkat.

5. Pepes Kepiting

Jika Pulau Jawa terkenal dengan pepes ikan, Kalimantan punya pepes kepiting soka yang rasanya maknyus dan menggugah selera makan.

Bumbu yang digunakan untuk pepes sama seperti umumnya bumbu pepes. Namun sebelum dijadikan satu dengan bumbu, kepiting direbus terlebih dahulu lalu diambil dagingnya kemudian kukus.

Makin mantap jika dibuat pedas plus dimakan bersama nasi putih yang masih hangat dan pulen. Enaknya menggelegar!

(disadur dari idntimes.com/Tifani Topan)

Leave a Reply

%d bloggers like this: