Polemik Nama Anak Menjadi Viral, Apa Makna Nama Zylvechia Bagi Franda?

Beberapa hari belakangan, istri artis peran Samuel Zylgwyn, Franda menjadi perbincangan karena memprotes netizen yang memberikan nama anak yang sama dengan anak Franda, Zylvechia.

Bukan tanpa alasan Franda memprotes hal tersebut.

Ia mengaku sudah amat bersusah payah memikirkan nama Zylvechia agar berbeda dari nama kebanyakan.

Kemudian, apa arti Zylvechia?

Franda dan Samuel memberi nama putri pertama mereka, Zylvechia Ecclesie Heckenbucker.

“Zylvechia enggak ada arti sih, aku ambil Zyl dari Zylgwyn. Ecclesia itu artinya gereja, umat pilihan Tuhan,” ujar Franda saat ditemui usai melahirkan di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

Franda juga menuturkan, nama Heckenbucker ternyata adalah nama belakang Samuel Zylgwyn.

“Bukannya sok Inggris ya, soalnya memang nama bapaknya belakangnya Heckenbucker, kan, orang-orang ngira Zylgwyn, padahal enggak, jadi beratnya gara-gara nama bapaknya saja,” tuturnya.

Rupanya Franda dan Samuel awalnya tak berencana untuk segera mendapatkan momongan.

Selama proses kehamilan, mereka juga tengah sibuk mempersiapkan rumah baru.

“Segala sesuatu selama kehamilan masih harus pindah rumah, nyiapin segala sesuatunya, kayak memang udah pasrah sama waktunya Tuhan. Makanya namanya dikasih Ecclesia,” ujar Franda.

Meski ikut memberikan usulan nama, Samuel langsung setuju saat sang istri menyebutkan nama untuk anak mereka.

“Enggak ada (perdebatan nama), saya sih ikut saja. Sempat nawarin nama, tetapi enggak pernah masuk. Jadi pas disebutin nama dari dia, oke saya enggak masalah,” kata Samuel kala itu. 

Sebelumnya, Franda tidak suka nama Zylvechia yang ia buat susah-susah ditiru warganet untuk menamai anak mereka.

Hal itu diketahui setelah Franda berkomentar pada akun @zylvechia_kimberly, akun Instagram anak dari warganet tersebut.

Anak warganet tersebut bernama Zylvechia Kimberly dengan nama panggilan Vechia.

Ini namanya ngikutin nama anak saya banget?? Sampe setulisannya, sepanggilannya juga,” tulis Franda dengan menautkan beberapa emoji seperti dikutip Kompas.com, Minggu (8/9/2019).

Dalam komentar lanjutannya, Franda merasa keberatan nama anaknya dipakai orangtua lain.

Ia mengaku amat bersusah payah memikirkan nama Zylvechia agar berbeda dari nama kebanyakan.

Aduh.. Lain kali mungkin bisa lebih kreatif. Saya bikin nama mikirinnya susah2 lhoo.. Cari nama yg bagus khusus buat anak saya. Lalu main dicomot aja sama orang lain buat namain anaknya,” tulis Franda.

Usai Franda mengungkapkan rasa kecewaannya, tidak lama berselang ayah dari Zylvechia Kimberly memberikan klarifikasi pada akun media sosial anaknya.

Ayah Zylvechia Kimberly menjelaskan, pada saat istrinya mengandung, sebenarnya ia sudah mempersiapkan nama Kimi.

Nama Kimi diinspirasi dari anak aktor asal Taiwan, Jimmy Lin.

Namun, istrinya rupanya tidak suka dan lebih menyukai nama dari anak Franda.

Awalnya saya tidak setuju dan debat lah pada akhirnya si istri bilang Vechia aja ya. Saya pikir tanggunglah pake Zylvechia aja, dengan catatan saya mau nama belakang Kimberly (pikir saya biar nanti bisa dipanggil Kimi),” tulis ayah Zylvechia Kimberly.

Terkait protes Franda, ayah Zylvechia Kimberly tidak pernah menyangka bahwa dampaknya seperti ini.

Kita sama sekali nggak menyangka kalo nama ini akan berakibat dengan ketidak senangan si publik figur. intinya dari cerita ini hanya karna istri saya ngefans. Serendah apa anak kami sehingga dianggap tidak layak memakai nama Zylvechia,” tulis ayah Zylvechia Kimberly.

Instagram Franda

(disadur dari kompas.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: