Rayakan Momen Tahun Baru dengan Menu Bakaran yang Seru Berikut Ini!

Wah, sebentar lagi kita akan memasuki malam pergantian tahun nih! Momen ini termasuk dalam serangkaian libur panjang akhir tahun yang kedatangannya layak dinanti dan tentu sayang untuk dilewatkan.

Bagi sebagian besar orang, momen tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama sanak saudara maupun teman-teman. Contohnya, merayakan pesta pergantian tahun ini nggak jauh-jauh dari acara barbeque-an, yakni memasak menu makanan dengan cara dibakar untuk menghangatkan suasana.

Nah, beberapa menu bakaran ini bakal menyemarakkan suasana pesta perayaan tahun barumu.

 

1. Sosis jadi pilihan menu bakaran yang praktis untuk pesta pergantian tahun. Jangan lupa sediakan saus BBQ-nya, ya!

Untuk mengolah sosis menjadi bakaran, baiknya pilihlah sosis bertekstur tebal agar nggak mudah kering saat dibakar. Hindari memotong atau mengerat sosis agar bumbu dan cairan dalam sosis nggak keluar sehingga tekstur dan rasanya terjaga. Kamu bisa rebus sosis terlebih dahulu dengan menambahkan bawang putih atau bawang bombay di dalamnya agar lebih cepat matang metika dibakar. Jangan lupa oleskan saus BBQ dan bakar sosis hingga kecokelatan. Sosis bakar pun siap dihidangkan bersama saus sambal juga mayones. Hmm, nikmatnya!

 

2. Bakso nggak hanya enak disantap dengan kuah hangat. Untuk momen tahun baru, buat saja bakso bakar berbumbu gurih yang sedap

Terlebih dahulu siapkan bakso sapi, ayam atau ikan sesuai seleramu. Kemudian buatlah bumbu olesan dari campuran 1 siung bawang putih halus, 3 sdm kecap manis, 1 sdm saus tomat, 1 sdt saus sambal, 1/4 sdt merica hitam bubuk, dan garam secukupnya. Lalu, rebus bakso hingga mengapung, kerat-kerat menyilang setelah dingin. Sebelum dibakar, celupkan bakso ke dalam bumbu terlebih dahulu kemudian tusuk-tusukkan pada tusuk sate. Oiya, jika suka, kamu pun bisa menyelipkan potongan paprika di antara bakso.

 

3. Meski dagingnya tipis, sayap ayam nggak kalah enak dijadikan menu bakaran karena terbalut lemak dan kulit yang gurih

Nggak cuma daging ayam yang dipotong-potong lalu dijadikan sate yang rasanya enak, sayap ayam berikut kulit dan tulangnya juga bisa jadi menu bakaran yang lezat. Sebelumnya, baluri sayap ayam dengan bawang putih, bawang merah, lada dan garam. Lalu ungkep sayap ayam hingga empuk. Baru kamu bakar sayap ayam di atas bara dan melumurinya dengan bumbu kecap pedas. Biasanya untuk membedakan rasa, beberapa orang mengolahnya menjadi sayap ayam bakar bumbu kecap dan juga madu.

 

4. Jika kamu merayakan pergantian tahun dengan camping di pantai, ikan bakar bakal jadi sajian yang cocok banget!

Ikan merupakan salah satu makanan yang paling sering dibakar. Ikan yang banyak digunakan adalah kakap, baronang, bawal, kerapu, dan gurami. Sebelum dibakar, ikan biasanya dikerat atau dibelah dua agar matang merata. Untuk bumbunya, kamu bisa memilih antara bumbu kecap pedas, bumbu asam manis, bumbu kuning, ataupun bumbu madu.

 

5. Barbeque-an pas malam tahun baru pasti nggak jauh-jauh dari jagung bakar, cocok untuk cuaca dingin juga

Jagung bakar jadi pilihan menu yang enak dinikmati saat udara dingin seperti malam pergantian tahun. Olesan margarin ataupun mentega akan membuat aroma jagung lebih wangi dan menggoda. Tambahkan sambal untuk menambah rasa pedas pada jagung bakar. Atau kamu juga bisa menggunakan saus BBQ untuk rasa yang lebih gurih.

 

(disadur  dari hipwee.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: