Sebelum dan Sesudah Ashraf Sinclair, BCL: “Jangan berusaha kuat. Just be you”

Menjalani kehidupan sehari-hari usai kepergian suami tercinta, Ashraf Sinclair sejak 18 Februari 2020 tentu tak mudah bagi penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL). Ada relung kosong yang biasa selalu diisi oleh Ashraf. Untungnya BCL punya putra semata wayangnya, Noah Sinclair, yang cukup berperan dalam menggantikan kekosongan itu.

Kali pertama ulang tahun tanpa Ashraf

BCL berulang tahun ke-37 pada 22 Maret 2020, menjadi momen pertama pertambahan usia tanpa Ashraf.

BCL tahu banyak orang yang mengkhawatirkan perasaannya. Namun orang-orang kepercayaannya banyak yang tak bisa menemani karena pandemi Covid-19 yang tengah tinggi saat itu. Ia pun merelakan dukungan tersebut tidak bisa dirasakan langsung demi kebaikan bersama. Untungnya BCL masih punya keluarga, asisten rumah tangga hingga satpam rumahnya.

“Banyak, ramai, belasan orang sebenarnya. Dari sehari sebelumnya, mertua gue memang di Jakarta, dia datang merayakan ulang tahun gue,” kata BCL, dikutip dari akun YouTube miliknya, Minggu (14/2/2021).

Tak bisa tidur beberapa bulan

Ketika ulang tahun itu pula kerabatnya yang tak bisa datang, menemani BCL melalui video call. “Ngobrol sampai pagi, karena gue biasanya jam 5 (pagi) baru tidur. Gue enggak bisa tidur selama beberapa bulan, ditemenin sampai pagi,” ujar BCL.

Ia mengaku biasanya bisa tidur selama tiga jam pun sudah syukur. Tetap di kamar yang dulu menjadi tempat terakhir Ashraf, BCL tidur ditemani ibundanya dan Noah. “Tiap beberapa menit, setiap setengah jam kayaknya. Gue cek mereka (ibunda BCL dan Noah) masih napas atau enggak, makanya gue enggak bisa tidur,” ucap BCL. Berat badannya pun menurun sekitar 5 kilogram akibat susah tidur.

Noah Sinclair gantikan sang ayah

BCL mengatakan selalu membutuhkan Ashraf untuk menemaninya tidur selama ini. Ashraf punya kebiasaan menaruh beberapa bantal serta guling di sekeliling BCL saat akan berangkat kerja pagi hari agar ia tak terbangun.

Kini, ternyata Noah melakukan kebiasaan sang ayah sehingga membuat hati BCL haru. “Pas Ashraf enggak ada, anak gue lakuin itu buat gue, sampai sekarang,” kata BCL sambil tersenyum.

Jangan berusaha kuat di depan Noah

BCL sempat meminta bantuan pakar penyembuhan holistik, Reza Gunawan setelah kepergian mendiang suaminya. “Yang Reza ingetin dari gue, jangan berusaha kuat depan Noah, just be you. He need to see who you are dan dia bisa jadi diri sendiri,” ujar BCL.

Lantaran, jika berusaha kuat maka semua itu hanya menjadi kepura-puraan. “Kalau enggak, dia akan berusaha kuat juga. Jadi sama-sama berusaha kuat tapi sama-sama rusak di dalamnya,” ujar BCL. BCL pun selalu mengingatkan Noah untuk berkata jujur apabila sedang rindu ayahnya.

Cara sampaikan rindu ke Ashraf

Setelah Ashraf berpulang, BCL mengaku semakin mendalami ibadah daripada sebelumnya. “Gue berusaha untuk I feel connected, more connected with God. Gue menikmati proses gue beribadah,” ujar BCL. Ia merasakan saat ini mendiang suaminya berada di sisi Yang Kuasa.

“Karena gue merasa Ashraf itu sama Allah sekarang. So setiap kali gue menemui Allah dalam doa gue, dalam ibadah gue, Ashraf ada di situ,” tutur BCL. Di momen itulah ia merasa bisa bertemu Ashraf lagi hingga terasa ke lubuk hatinya. Cara komunikasi dengan Ashraf lewat doa juga diajarkan BCL kepada Noah.

Instagram BCL

(disadur dari kompas.com/Melvina Tionardus, Tri Susanto Setiawan)

Portal Media Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment