Soal Viral Pernyataan ‘Darah Indonesia’ Agnez Mo, Berikut 6 Faktanya

Pernyataan penyanyi Agnez Mo baru-baru ini yang mengaku ‘tidak memiliki darah Indonesia’ ramai menjadi perhatian publik. Ada yang pro, namun ada juga yang kontra dengan pernyataan Agnez tersebut.

1. Video dengan pernyataan yang viral ternyata potongan

Dipojokkan lewat potongan video serta cemoohan yang dituangkan lewat akun media sosialnya, Agnez Mo tulis pesan untuk haters.

Pesan yang merupakan luapan hatinya itu dicurahkan karena diketahui terdapat haters yang menyerangnya.

Hater memotong video ketika dirinya diwawancarai oleh Kevin Kenny dalam program BUILD Series by Yahoo di New York pada 22 November lalu.

Video wawancara yang dipenggal dan disebarkan sebagian itu menyebabkan hilangnya konteks pernyataan yang disampaikan Agnes Monica sehingga banyak pihak menyalahartikan makna dari kalimat ‘darah saya bukan Indonesia’ yang disampaikan Agnez Mo dalam sesi wawancara tersebut.

Curahan hati itu disampaikan Agnez Mo lewat akun Instagramnya pada Selasa (26/11/2019).

Lewat bahasa inggris, Agnez Mo menyindir para hater yang hanya menyebarkan kebencian dan memutarbalikkan pernyataannya. Hal tersebut diungkapkannya sangat memalukan, lantaran semua pesan yang disampaikannya adalah sesuatu yang baik.

“Mengapa Anda tidak memotong dan mengedit bagian ini? Malu pada orang yang hanya ingin menyebarkan kebencian dengan memutarbalikkan kata-kata dan niat saya,” ungkap Agnes Mo melengkapi video yang diunggahnya itu.

“Semua yang saya katakan adalah hal-hal yang baik, bahkan ketika saya seorang MINORITAS, saya harus berbagi keragaman menakjubkan yang saya pelajari di negara saya,” jelasnya.

Pesan berupa motivasi itu diungkapkan Agnez Mo selalu disebarkannya dalam setiap sesi wawancara.

Agnes Mo menyebut Indonesia yang kaya akan keberagaman tidak menyurutkan dirinya untuk meraih cita-cita walau dirinya hanya seorang minoritas.

“Saya selalu membagikan itu dalam SEMUA wawancara saya (nasional dan internasional),” ungkap Agnes Mo.

2. Akui dirinya tidak memiliki darah Indonesia, Agnez Mo ingatkan untuk menonton video versi full

Terkait pernyataannya soal ‘darah saya bukan Indonesia’, Agnez Mo mengakuinya. Hanya saja, ia mengaku sebagai seorang anak tidak dapat memilih darah atau DNA.

Walau begitu, Agnez Mo mengaku akan selalu ada untuk Indonesia.

Karena ditegaskannya, Indonesia akan selalu ada di hati dan tidak akan ada yang bisa mengambilnya.

“Saya tidak bisa memilih darah atau DNA saya, tetapi saya selalu BERDIRI untuk negara saya, saya SELALU MEMILIKI, dan TIDAK ADA yang bisa mengambilnya dari saya,” tegas Agnez Mo.

Oleh karena itu, dirinya kembali mengingatkan agar selalu menyimak keseluruhan konteks sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima seluruhnya.

“Belajarlah untuk menonton semuanya, alih-alih mengeluarkan hal-hal di luar konteks,” jelasnya.

3. Agnez Mo sudah maafkan haters yang salah paham padanya

Walau cemooh hingga hujatan datang silih berganti memenuhi timeline media sosialnya, Agnez Mo mengaku sudah memaafkan.

Dirinya mengaku telah melupakan semua hal buruk yang ditujukan kepadanya.

Agnez juga mengaku tidak memiliki dendam sedikit pun kepada haters yang menyerangnya.

“Untuk orang-orang yang mendukungku, aku mencintaimu. Untuk orang-orang yang ingin salah paham, aku mencintaimu dan aku memaafkanmu. Percayalah, saya tidak punya sedikitpun dendam atau kemarahan terhadap Anda,” ungkapnya.

“Untuk semua pemburu pengaruh, saya berdoa untuk Anda sehingga Anda dapat menemukan kedamaian di hati Anda,” jelasnya diakhiri tagar #TheBibleTellsMeSo.

Mengakhiri postingan, Agnez Mo menuliskan tentang isi hati dan pikirannya. Menurutnya, semua hal yang kini menyerangnya tidak menyakiti hatinya sama sekali.

Agnez Mo juga mengaku tidak akan peduli dengan komentar soal ‘darah saya bukan Indonesia’.

“Hatiku penuh. Tidak peduli apa yang Anda katakan, #mewakiliIndonesia. #AGNEZMO Cinta & Maafkan,” tutupnya.

4. Berdarah Jepang, Cina dan Jerman, Agnez Mo hanya lahir di Indonesia

Dalam video wawancara khusus itu terungkap Agnez Mo tak punya darah Indonesia.

Video itu diburu netizen karena pernyataan kontroversi pemilik nama kecil Agnes Monica Muljoto cukup mengejutkan.

Agnez Mo yang lahir dan besar di Indonesia dari orang tua yang juga Warga Negara Indonesia (WNI), tetapi mengaku tak memiliki darah Indonesia.

Agnez Mo hanya mengaku lahir dan besar di Indonesia, tetapi darahnya berasal dari Jerman, China, dan Jepang.

“Aku tak memiliki darah Indonesia. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, Cina, dan aku hanya lahir di Indonesia,” kata Agnez Mo.

5. Dukung Bhinneka Tunggal Ika, Agnez Mo senang dengan keberagaman Indonesia

Setelah videonya itu viral, Agnez Mo kemudian membuat status tentang keberagaman Indonesia. Betapa ia senang hidup dalam nuansa Bhinneka Tunggal Ika.

“Senang ketika saya dapat berbagi sesuatu tentang asal saya di negara saya. Saya akan selalu jujur dan bersaksi kepada dunia bagaimana minoritas seperti saya diberi kesempatan untuk memiliki mimpi dan mengejar impian kita,” ujar Agnez Mo.

6. Kemenhan turut berkomentar

Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi dan Hubungan antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, ikut menanggapi pernyataan Agnez. Dahnil meyakini Agnes masih memiliki jiwa nasionalisme yang besar.

“Terlepas dari ucapan Agnes, yang saya yakin dia punya semangat nasionalisme dan bela negara. Mungkin sebagian dari kita saja menterjemahkannya berbeda sehingga memunculkan pro dan kontra,” kata Dahnil saat dihubungi, Selasa (26/11).

Dahnil Anzar Simanjuntak

Selain itu Dahnil mengatakan, Kementerian Pertahanan (Kemhan) berencana akan mengumpulkan sejumlah pelaku dunia hiburan (artis) yang bergerak di beberapa platform seperti YouTube dan media sosial lainnya.

“Kami memang sudah merencanakan mengumpulkan para influencer, youtuber, artist untuk membantu Kemhan mengamplifikasi semangat bela negara, nasionalisme kepada berbagai kalangan,” ucap Dahnil.

Menurut Dahnil, dikumpulkannya para pelaku dunia hiburan merupakan salah satu langkah untuk mengaplikasikan bela negara kepada masyarakat secara luas. Sebab public figure menjadi panutan dan perhatian masyarakat.

“Sahabat-sahabat kita tersebut memiliki kemampuan dan kelebihan menyampaikan pesan kepada rakyat kebanyakan,” ucap Dahnil.

Kemhan ingin mengajak para pelaku dunia hiburan itu agar dapat melahirkan sebuah karya yang sifatnya nasionalistik dan mencerminkan cinta akan negara. Menurut Dahnil, saat ini para seniman dinilainya telah memiliki semangat nasionalisme yang cukup tinggi.

(disadur dari tribunnews.com dan kumparan.com/Fadjar Hadi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: