Surga Tersembunyi Pulau Borneo, Deretan Bukit di Kalimantan Barat Ini Begitu Menakjubkan!

Kalimantan Barat merupakan wilayah terluas keempat di Indonesia dengan luas area mencapai 146.807 km2. Provinsi yang terdiri dari 14 kabupaten ini, juga menyimpan segudang kearifan lokal dan pesona alam yang tak kalah keren dari provinsi lainnya.

Selain terkenal dengan Sungai Kapuas yang membentang luas, provinsi ini juga memiliki banyak bukit yang menyuguhkan pemandangan eksotis dan sayang untuk dilewatkan.

Tersebar di berbagai kabupaten, berikut lima bukit di Kalimantan Barat yang kerap disebut sebagai ‘surga’ Pulau Borneo.

1. Bukit Daya

Selain Bukit Kelam, Bukit Daya juga menjadi salah satu wisata ikonik di Kabupaten Sintang. Memiliki tebing tinggi yang menjulang, menjadi tantangan tersendiri bagi para pendakinya. Walaupun demikian, kamu tetap bisa mengabadikan pesona Bukit Daya tanpa harus mendaki ke puncak bukit, lho!

Punya keunikan sendiri, Bukit Daya tersusun dari tiga batuan besar yang kokoh dan berdiri berdekatan. Batu yang berada di tengah disebut Batu Daya dengan ukuran paling besar, batu yang terletak di bagian belakang disebut Kuang Kande’ dan satunya lagi disebut Raban Manok.

2. Bukit Kelam

Terletak sekitar 20 km dari Kota Sintang, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk sampai ke Bukit Kelam melalui jalan darat dari Kota Pontianak. Namun, kamu tak perlu takut. Perjalanan melelahkan yang ditempuh ke lokasi wisata akan terbayarkan dengan pemandangan asri sekitar bukit kelam.

3. Bukit Jamur

Punya nama unik sekaligus menarik, Bukit Jamur nyatanya menyimpan pesona keindahan alam yang tak bisa terelakkan. Terletak di Kabupaten Bengkayang, bukit ini kerap menjadi incaran penduduk setempat untuk menikmati keindahan kota dari atas ketinggian.

Untuk sampai ke sana, pengunjung harus menyusuri jalan setapak dan sedikit mendaki agar mencapai puncak bukit. Lelah dan letih pun terbayar saat berhasil menginjakkan kaki di puncak bukit. Apalagi saat melihat keindahan hutan dan bebukitan yang diselimuti oleh tebalnya awan putih dan embun di saat pagi hari. Tak heran jika bukit ini sering disebut sebagai negeri di atas awan!

4. Bukit Bongku

Terletak di Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, akses menuju ke tempat satu ini juga tergolong aman dan tidak terlalu terjal. Meski medan yang dilalui adalah tanah merah, pengunjung dapat dengan mudah menggunakan motor maupun mobil untuk sampai ke sana.

Momen di pagi hari memang yang paling ditunggu saat bertandan ke Bukit Bongku. Selain menikmati sun rise di pagi hari, pengunjung juga dapat menikmati hamparan awan yang sejuk menyelimuti bukit saat fajar menyingsing.

5. Bukit Sepancong

Masih di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Dusun Sepadang, Kecamatan Sungai Betung. Bukit satu ini tak hanya jadi incaran wisatawan lokal, namun juga menjadi destinasi menarik bagi pengunjung dari luar pulau Kalimantan.

Sambil mendaki puncak bukit, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hutan belantara Kalimantan yang masih rindang, asri, dan sejuk. Hamparan birunya langit dan hijaunya bebukitan akan menyambut dan memanjakan mata kita saat berhasil sampai di puncak.

Tak hanya itu, wisata Bukit Sepancong ini juga menyediakan beberapa spot instagramable yang cocok buat eksis.

(disadur dari idntimes.com/Edwin Reynaldi)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment