Tak Hanya Bersinar di Dunia Entertainment, 6 Artis Ini Juga Kuliah di Universitas Bergengsi Dunia

Tak hanya soal popularitas dan uang yang melimpah, kehidupan artis juga identik dengan jadwal yang serba padat.

Hal ini agaknya membuat banyak orang berpikir, ‘mana sempat artis berpikir soal pendidikan yang berkualitas?’

Tapi tunggu dulu! Di tengah kesibukannya, tak semua artis Indonesia menjadi abai dengan pendidikannya.

Beberapa artis bahkan berhasil lolos menjadi mahasiswa/i di universitas luar negeri dan mampu menorehkan prestasi gemilang.

Tidak sembarang universitas luar negeri, beberapa artis Indonesia menamatkan pendidikannya di kampus-kampus yang termasuk dalam Ivy League atau universitas terbaik di Amerika Serikat.

Terdapat delapan kampus yang masuk dalam kelompok ini, Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Harvard University, University of Pennsylvania, Princeton University, dan Yale University. Ada juga yang lulus dari kampus bergengsi di Australia hingga Eropa.

1. Cinta Laura

Di tengah kariernya di dunia hiburan yang tengah meroket, Cinta Laura tiba-tiba mulai jarang muncul di layar kaca Indonesia. Ternyata ‘hilangnya’ artis blasteran Indonesia-Jerman itu bukan tanpa sebab.

Saat itu ia berhasil lolos untuk menjadi mahasiswi universitas terkemuka di Amerika Serikat, yakni Columbia University, satu dari delapan universitas yang tergabung sebagai Ivy League.

Tak tanggung-tanggung, Cinta langsung mendapatkan gelar ganda di bidang Psikologi dan Sastra Jerman dengan predikat cumlaude.

Diketahui, perempuan berambut pirang ini mendapatkan nilai akhir mendekati sempurna, 3,9. Tidak hanya itu, kuliah sarjana berhasil ia selesaikan dalam waktu yang lebih singkat dari semestinya, yakni tiga tahun saja.

Setelah lulus, ia juga pernah didapuk menjadi asisten dosen di kampus almamaternya.

Berprestasi di bidang akademik, tidak menghalangi seorang Cinta Laura untuk juga memperhatikan karier keartisannya. Di Amerika, ia tergabung dalam Luber Roklin Entertainment, ia juga beberapa kali menjajal peruntungannya bermain di film-film Hollywood.

2. Iqbaal Ramadhan

Tak hanya Cinta Laura, artis peran Iqbaal Ramadhan juga menorehkan prestasi gemilang dalam pendidikannya. Karena prestasi tersebut Iqbaal berhasil lolos seleksi mahasiswa baru di salah satu universitas terkemuka di Australia, Monash University.

Ia bahkan berencana mengambil program double degree (gelar ganda). Rencana itu muncul setelah ia melihat nilai akademisnya pada semester pertama di bangku kuliah memuaskan.

Alhamdulillah enam bulan pertama nilainya sangat memuaskan dan bisa saya punya credit point yang cukup buat saya ambil double degree juga,” ucap Iqbaal dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019).

Iqbaal mengaku senang dengan kegiatannya di bidang pendidikan. Selain itu, kata Iqbaal, karakter dan lingkungan masyarakat di tempatnya berkuliah semakin membuka matanya untuk bisa melakukan banyak hal positif lainnya.

Iqbaal menambahkan, untuk mencapai impiannya itu, ia kini sering melakukan kontemplasi agar lebih memahami apa yang harus dilakukan dirinya.

3. Maudy Ayunda

Siapa tak kenal Maudy Ayunda. Selain dikenal sebagai artis multitalenta, Maudy juga dikenal sebagai salah satu sosok artis tanah air yang punya otak encer. 

Bagaimana tidak, pelantun lagu “Tahu Diri” ini menyelesaikan pendidikan S1-nya di salah satu universitas terbaik di Eropa berdasarkan QS University Ranking 2019, Oxford University.

Mengambil jurusan Filosofi, Politik, dan Ekonomi, ia lulus dengan predikat cumlaude dan mendapat gelar Philosophy Politics and Economics (PPE) dalam waktu tiga tahun pendidikan.

Publik semakin dibuat kagum ketika Maudy mengumumkan dirinya telah diterima di dua kampus bergengsi dunia sekaligus, Harvard University dan Stanford University untuk studi S2-nya. Hingga akhirnya Maudy memilih melanjutkan studi di universitas Stanford.

Awalnya ia mengaku mengambil jurusan bisnis di sana. Namun ternyata, bukan itu saja yang diambil artis peran dan penyanyi itu. Maudy juga mendaftar untuk jurusan pendidikan.

“Khususnya aku tuh sebenarnya bakalan ngambil Joint Degree Program (JDP), MBA (Master of Business Administration) dan education,” ucap Maudy dalam video terbaru di akun Vlive-nya, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (3/8/2019).

Sebagai informasi, Joint Degree Program adalah kombinasi dua program gelar pascasarjana yang bisa diambil mahasiswa secara bersamaan.

4. Gita Gutawa

Tak hanya Maudy, putri dari musisi Erwin Gutawa, Aluna Sagita Gutawa atau Gita Gutawa juga dikenal sebagai artis berprestasi di dunia pendidikan.

Ia tercatat sebagai salah satu lulusan London School of Economics and Political Science (LSE). LSE merupakan perguruan tinggi terbaik ke-5 di dunia dan terbaik di Eropa untuk bidang ekonomi.

Mendapat beasiswa LPDP, pelantun lagu “Parasit” ini menyelesaikan pendidikan S2-nya hanya dalam waktu satu tahun. Ketika itu, ia masih berusia 22 tahun, terbilang sangat muda untuk lulus di tingkat pendidikan S2.

Gita Gutawa juga menyelesaikan pendidikan S1-nya di negara yang sama, Inggris. Gita mengambil Ilmu Ekonomi dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi dari University of Birmingham, Inggris.

5. Tasya Kamila

Mantan artis cilik Tasya Kamila menjalani S1 nya di Universitas Indonesia mengambil jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan IPK cumlaude.

Sama dengan Cinta Laura, Tasya kemudian melanjutkan  pendidikan S2-nya di Columbia University. Ia mengambil jurusan Administrasi Publik dengan beasiswa LPDP.

Tak kalah membanggakan dari rekan seprofesinya yang juga mengenyam pendidikan di universitas terbaik dunia, Tasya mendapat nilai akhir lebih dari 3,7.

Bedanya, Tasya tidak mendapatkan sebutan cumlaude atau yang lainnya, karena perbedaan sistem penilaian di jurusan tempatnya belajar.

6. Vidi Aldiano

Tak hanya berprestasi di dunia tarik suara, Vidi Aldiano ternyata juga punya prestasi yang gemilang di dunia pendidikan. 

Pada tahun 2015 akhirnya Vidi menuntaskan pendidikan di University of Manchester, Inggris. 

Tak tanggung-tanggung, Vidi lulus dengan predikat cumlaude dari jurusan Innovation Management and Enterpreneurship. Vidi mengaku bersyukur atas kelulusannya itu.

Tak hanya meraih gelar pendidikan yang fantastis, selama berkuliah di Inggris Vidi juga membangun jaringan dengan banyak pihak.

(disadur dari kompas.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: