Tak Melulu Banyuwangi, di Bondowoso Kalian Bisa Temukan 5 Destinasi Wisata Alam Menarik

Di bagian timur kawasan Jawa Timur, ada banyak wisata yang tidak bisa dilewatkan. Tak hanya melulu soal Banyuwangi, Bondowoso juga punya wisata gak kalah menarik. Mulai dari air terjun, gunung, bukit hingga kawah. Semuanya harus kamu coba kunjungi, biar merasakan keindahan Bondowoso.

1. Gunung Piramid

Gunung dengan ketinggian 1521 meter di atas permukaan laut ini punya medan yang sangat sulit. Saat perjalanan menuju puncak, kamu akan menemui track dengan tingkat kemiringan 90 derajat.

Apalagi, untuk mencapai puncaknya, kamu harus mendaki selama tiga jam. Nah, sebelum ke tempat ini, harus persiapkan diri, ya!

2. Puncak Megasari

Tak hanya bisa menikmati pemandangan pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Kamu juga bisa membangun tenda untuk disinggahi beberapa malam.

Keesokan harinya, kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit yang menyinari perkebunan kopi, Kawah Wurung, dan Kawah Ijen dari atas.

3. Air Terjun Tancak Kembar

Untuk mencapai wisata ini, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak berbatuan selama satu jam. Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut dengan keindahan air terjun kembar yang indah.

Konon katanya, tempat ini digunakan sebagai pemandian milik Dewi Rengganis, penghuni Gunung Argopuro.

4. Kawah Ilalang

Tak hanya disambut dengan hamparan tumbuhan ilalang yang masih sangat asri. Menariknya, di tempat ini kamu akan melihat pemandangan Gunung Raung dan Ijen secara bersamaan.

Namun, sebelumnya kamu harus melewati jalanan yang berlumpur. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan bekal yang cukup, sebelum melakukan perjalanan.

5. Kawah Wurung

Kalau Banyuwangi punya Kawah Ijen, Bondowoso memiliki Kawah Wurung yang tidak kalah indahnya.

Berbeda dengan Kawah Ijen, Wurung berarti kawah yang gagal terbentuk. Bentuk cekungan yang menyerupai kawah, ditumbuhi dengan rerumputan dan bunga, bikin pemandangan makin cantik.

(disadur dari idntimes.com/Prila Arofani)

Leave a Reply

%d bloggers like this: