Tak Perlu Khawatir Penyebaran Virus Corona, Berikut 5 Bahan Makanan Sederhana Pencegahnya

Merebaknya virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov) membuat masyarakat resah. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina ini bisa mengakibatkan kematian.

Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebut, salah satu pencegahan terhadap penularan virus corona ialah dengan mengonsumsi makanan bergizi atau yang dipercaya mampu meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh.

1. Jamur

Seperti yang telah disebutkan oleh pihak WHO mengenai daging yang harus dimasak sampai matang, Jamur juga bisa menjadi alternatif pengganti rasa daging yang nikmat. Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging.

Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium sehingga jamur sangat baik bagi tubuh. Selain itu jamur dapat mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Bawang Bombai

Satu famili dengan bawang putih, keduanya dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh. Kandungan vitamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa berkhasiat lainnya dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bubuk bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja.

Mulailah dikonsumsi dengan mencampurkan bawang bombai mentah dalam salad sayur, memperbanyak bombai dalam masakan tumis, sup ayam bawang bombai, dan berbagai makanan lezat berkhasiat lainnya.

3. Paprika Merah dan Cabai

Apakah Anda termasuk pecinta pedas? Bersyukurlah paprika merah dan cabai termasuk macam-macam makanan peningkat sistem imun tubuh. Keduanya juga mengandung banyak vitamin C.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa paprika merah dan cabai mengandung dua kali leih banyak kandungan vitamin C dari pada buah jeruk.

Cara mengonsumsinya, dapat diolah menjadi sambal dan bisa juga menumis paprika merah bebarengan dengan sayur lain.

4. Jahe

Macam makanan peningkat sistem imun tubuh selanjutnya adalah jahe, yang memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Mulai mengonsumsi jahe dengan menjadikannya campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde, dan merebus jahe bersama serai dan gula jawa. Pasti memberikan sensasi nyaman nan hangat, menyegarkan dan menyehatkan.

5. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan atau tambahan topping pada dessert Anda, akan memberi asupan vitamin C dan E. Konsumsi secara rutin bahkan bisa mencegah flu dan demam.

(disadur dari merdeka.com/Kurnia Azizah)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment