Tenggorokan Berlubang hingga Hilang Pendengaran, Bahayanya Konsumsi Makanan Pedas Berlebihan!

1. Tenggorokan berlubang akibat kompetisi makan cabai setan

Makanan pedas bisa jadi fatal kalau dikonsumsi berlebihan. Namun, hal tersebut sepertinya tak dihiraukan seorang pria asal Amerika Serikat yang mengikuti kompetisi makan makanan pedas.

Ia nekad menyantap burger dengan banyak puree cabai bhut jolokia, yaitu salah satu cabai terpedas di dunia. Indeks pedas cabai yang disebut juga ghost peppers ini mencapai dua kali lipat cabai rawit.

Dinding esofagus pecah

Akibatnya, dinding esofagus pria ini pecah dan membentuk lubang berdiameter 2,5 cm di tenggorokannya. Dia pun dirawat di rumah sakit selama 23 hari dan harus bernapas serta makan melalui selang untuk sementara waktu.

2. Penyempitan pembuluh darah setelah ikut kompetisi makan cabai

Seorang pria yang mengikuti kompetisi makan cabai terpedas di Amerika Serikat dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh sakit kepala luar biasa. Ia didiagnosa terkena sindrom vasokonstriksi serebral reversibel (RCVS), di mana pembuluh darah otaknya berkontraksi mengecil.

Sindrom RCVS

Menurut laporan di jurnal BMJ Case Reports, kondisi sang pria membaik sendiri setelah beberapa hari. Penyempitan pembuluh darah di otak tentu berbahaya, karena akan meningkatkan risiko komplikasi seperti stroke.

3. Kehilangan pendengaran sesaat setelah menyantap mie pedas

Seorang YouTuber Indonesia kelahiran Jerman, Ben Sumadiwiria, terkenal dengan konten kulinernya. Saat berada di Jakarta, ia memutuskan untuk mencoba menu fenomenal Mie Abang Adek, yakni Indomie dengan 100 buah cabai rawit. 

Hasilnya, ia mengaku sempat kehilangan pendengarannya selama dua menit penuh sebelum akhirnya memuntahkan isi perutnya di pinggir jalan. Waduh, kamu pernah punya pengalaman serupa saat makan di sini, gak nih?

4. Seorang pria masuk rumah sakit setelah meminum vodka yang dicampur cabai terpedas di dunia

Cabai Carolina Reaper

Seorang pria asal Inggris dilarikan ke rumah sakit akibat menenggak vodka bernama Satan’s Shot yang dicampur cabai Carolina Reaper. Cabai ini jadi yang paling pedas di dunia versi Guinness World Record. Pria berusia 30-an tersebut dikabarkan langsung tidak sadarkan diri dan dilarikan ke Royal Surrey County Hospital, Inggris.

5. Rawat inap karena minum minyak cabai

Seorang pemilik restoran daging bakar di Tiongkok harus dilarikan ke rumah sakit setelah nekad meminum minyak cabai. Sebelumnya, pria ini mencari cara untuk mempromosikan restorannya. Akhirnya, ia berpikir satu-satunya jalan adalah melakukan hal yang berpotensi viral.

Ia kemudian melakukan siaran live di akun media sosialnya dan meminum minyak cabai dari gelas selayaknya air putih. Aksi nekadnya tersebut menyebabkan ia dirawat di rumah sakit selama 21 hari, karena diare hebat dan mengalami tonsilitis.

(disadur dari idntimes.com/Putriana Cahya)

Leave a Reply

%d bloggers like this: