5 Jenis Kuliner Khas Musim Dingin di Berbagai Negara

Sharing is caring

Kuliner merupakan salah satu tujuan berwisata para traveller dalam menikmati kearifan lokal wilayah tujuan. Apabila berkunjung ke negara dengan empat musim dan bertepatan musim dingin maka kamu bisa mencicipi kuliner khas musim dingin wilayah tersebut. 

Sebab, di setiap wilayah atau negara selalu memiliki ciri khas yang berbeda. Oleh sebab itu, artikel ini merangkum 5 jenis kuliner khas musim dingin di berbagai negara untuk kamu ketahui. Langsung saja simak yuk :

Locro – Argentina

Locro adalah sup kental yang terbuat dari biji jagung yang direndam dengan air jeruk nipis, kentang, daging, kacang-kacangan, dan bawang. Biasanya locro disantap dengan roti kering. 

Awalnya kuliner ini dikenalkan oleh masyarakat suku asli yang tinggal di Andes pada masa kekaisaran Inca. Namun kini sudah menjadi populer di wilayah utara Argentina.

Oden – Jepang

Oden merupakan kuliner khas musim dingin yang berbentuk sup dengan kuah hangat. Biasanya penjual membebaskan konsumen untuk memilih sendiri bahan isi oden. Mulai dari udang, bakso ikan, lobak jepang cumi, telur rebus, dan sayuran. 

Sebagai pelengkap rasa, kaldu oden hadir dalam berbagai variasi, mulai dari bumbu ikan kering, bumbu rumput laut, kaldu kedelai, atau sup yang rasanya lebih berat.

Poutine – Kanada

Poutine merupakan kuliner khas musim dingin yang berasal dari dari daerah Quebec, Kanada. Namun kini telah dikenal sebagai hidangan nasional musim dingin di negara tersebut. 

Poutine dibuat dari kentang goreng dan cheese curds atau dadih keju yang disiram dengan saus cokelat.  Hidangan ini kemudian berkembang dengan memberikan beberapa variasi lain. Misalnya dapat dicampur dengan daging sapi, bacon, sosis, maupun kacang panggang.

Tang Yuan – Tiongkok

Kuliner khas musim dingin memiliki bentuk seperti bola, dimana berbahan dasar tepung beras. Kuliner khas Tiongkok ini selalu hadir dalam festival musim dingin hari Tahun Baru Imlek. 

Tang Yuan biasanya terdiri dari bermacam-macam isian mulai dari kacang, ubi jalar, jeli dan wijen,. Makanan ini biasanya disajikan dengan kaldu manis yang hangat atau bisa juga yang digoreng.

Solyanka – Rusia

Solyanka adalah kuliner khas musim dingin dengan sup panas yang hadir dalam berbagai variasi resep. Ada yang menggunakan seafood, daging, sosis, hingga resep tanpa daging. 

Ada pula pilihan dengan penambahan wortel, kol, hingga sayuran jenis lain. Namun, semuanya disajikan dalam larutan kaldu yang sama yang dilengkapi dengan acar mentimun dan tomat. Kamu juga bisa menambahkan topping kulit lemon, sour cream, dan zaitun.

Itu dia 5 kuliner khas musim dingin di beberapa negara, selain kelima makanan diatas ada pula jenis kuliner lain yang hits ya. Seperti tteokbokki dari Korea, latkes dari Israel, cheese fondue dari Swiss dan masih banyak lagi jenis kuliner lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *