5 Kuliner Klasik di Pasar Baru Jakarta, Wajib Dicicipi Nih!

Sharing is caring

Pasar Baru (Passer Baroe) merupakan tempat belanja tertua di Jakarta yang hingga kini masih eksis dan banyak didatangi masyarakat. Pasar Baru terletak di Jakarta Pusat dan telah berdiri sejak 1820. Kamu bisa membeli bahan kain, pakaian, alat rumah tangga, hingga peralatan olahraga di sini.

Memasuki pintu gerbangnya yang unik, kamu pun akan menemui beberapa kuliner yang ternyata sudah ada sejak lama, lho. Jadi, setelah berbelanja, kamu bisa menikmati deretan kuliner klasik nan legendaris di Pasar Baru. Ada apa saja, ya?

1. Cakue Ko Atek.

Tempat Ko Atek berjualan cakue dan kue bantal memang kecil, namun jangan salah, pelanggan setianya banyak banget lho! Cakue Ko Atek sudah ada sejak tahun 1971. Meski telah puluhan tahun berdiri, rasa makanannya stabil, tidak berubah.

Cakue dan kue bantal buatan Ko Atek teksturnya lembut. Nikmati saat masih panas supaya rasanya lebih mantap. Harganya cukup terjangkau, dengan Rp 4.000,- saja kamu sudah bisa menikmatinya.

Hal menarik yang ada di toko ini adalah banyaknya foto Ko Atek dan kliping dari majalah serta koran yang pernah mempublikasikannya. Koh Atek juga terkenal ramah dan suka mengobrol dengan pelanggannya.

2. Bakmi Gang Kelinci.

Tempat makan yang satu ini begitu populer di Jakarta. Sudah ada sejak 1957 dari awalnya berupa gerobak, kini Bakmi Gang Kelinci telah memiliki belasan cabang yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Lokasi pertama Bakmi Gang Kelinci di Pasar Baru inilah yang menjadi cikal bakal restoran chinese food ini.

Jika kamu memasuki restorannya di Pasar Baru, kamu seperti berada di masa lalu. Restoran ini sepertinya ingin menonjolkan keotentikan tempo dulu. Pilihan menunya sangat banyak.

Kamu bisa memilih menu bakminya yang legendaris. Dengan mie yang kenyal berpadu dengan bumbu-bumbu rahasia, rasanya enak, deh! Satu porsi makananannya juga banyak. Jika porsi makanmu sedikit, kamu dapat mencoba menu yang menyediakan porsi mini.

Harga makanannya sekitar Rp 30 ribuan ke atas. Kamu bisa sharing dengan temanmu untuk menghemat. Oiya, restoran ini halal, jadi aman juga untuk muslim.

3. Bakmi Aboen.

Lokasi Bakmi Aboen yang sudah ada sejak 1962 ini menyempil di gang sempit, dekat Bakmi Gang Kelinci. Jika Bakmi Gang Kelinci halal, berbeda halnya dengan Bakmi Aboen. Tempat makan legendaris ini mempunyai menu andalan berupa bakmi daging campur babi dan ayam.

Selain itu ada menu lainnya yang juga begitu digemari, yaitu sui kiaw kuah, makanan mirip pangsit berisi daging babi dan udang cincang. Menu ini dilengkapi dengan kuah kaldu serta daging babi kecap. Nah, porsi di Bakmi Aboen ini juga termasuk banyak. Siapkan perut kosong saja jika mau makan di tempat ini!

4. Soto Padang H. St. Mangkuto.

Penyuka masakan Minang wajib nih mampir ke Soto Padang H. St Mangkuto di Pasar Baru. Tempat makan ini sudah ada sejak 1966, lho. Dan sejak saat itu hingga kini cita rasa soto padangnya tetap dipertahankan. Tidak heran, deh, jika pelanggan setianya juga banyak.

Restorannya sendiri jauh dari kesan mewah, tapi tetap bersih dan nyaman. Di sini kamu bisa menikmati soto padang lezat yang kuahnya terbuat dari kaldu rebusan daging sapi. Tapi jangan kaget, ya, porsinya kecil! Weits, namun kamu tidak akan kecewa dengan rasanya! Harga per porsinya sekitar Rp 30 ribu.

5. Es Krim Tropik.

Setelah menikmati makanan berat, jangan lewatkan mampir di tempat makan es krim legendaris ini ya! Es Krim Tropik yang telah berdiri sejak tahun 50-an menyajikan berbagai menu dessert berupa es krim aneka rasa, seperti cokelat, vanila, moka, stroberi dan lainnya.

Es krim yang lembut dan langsung meleleh di mulut ini disajikan dengan wafer. Kamu harus coba, nih! Untuk satu porsi dengan satu scoop es krim, harganya sekitar Rp 20 ribu.

Selain es krim yang jadi andalannya, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan besar di restoran yang nyaman ini.

Tidak hanya restoran dengan menu klasik, kamu juga bisa menikmati camilan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Ada kue pancong hingga kue ape. Perpaduan kuliner Tiongkok, Eropa hingga sajian nusantara terlihat jelas di Pasar Baru. Kamu mau coba kuliner yang mana, nih? 

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.