5 Makanan Ini Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia Loh!

Indonesia terkenal dengan kebudayaannya yang beraneka ragam. Namun, tak hanya budaya saja yang tersebar luas dari Sabang hingga Merauke. Kuliner khas Nusantara pun tersebar di berbagai pelosok daerah. Bumbu rempah yang sedap tentu memanjakan lidah siapapun yang mencobanya.

Nah, berikut ini merupakan 5 makanan unik yang hanya bisa didapatkan di Indonesia!

 

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam.

Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung. Sedap!

2. Catemak Jagung

Catemak Jagung adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur yang cocok untuk dijadikan hidangan penutup dalam menu santap kalian. Makanan yang banyak mengandung kuah ini selain terbuat dari bahan utama jagung, juga ada tambahan lainnya. seperti kacang-kacangan yang terdiri  dari jenis kacang tanah ditambah dengan biji kacang hijau.

Tak jarang makanan ini juga dicampur dengan labu lilin serta beraneka sayuran hijau lainnya. Dengan ditambah aneka bumbu rempah serta sedikit tambahan penyedap masakan, citarasa yang dihasilkan sangat identik dengan rasa asin yang menyegarkan.

 

3. Ayam Cincane

Ayam Cincane adalah salah salah satu kuliner tradisional dari Kalimantan Timur, khususnya di Samarinda yang menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Masakan satu ini merupakan salah satu hidangan utama dalam berbagai acara adat di sana.

Dalam proses pembuatannya, Ayam Cincane menggunakan daging ayam kampung. Pada saat memasak, pertama daging dilumuri air asam jawa lalu digoreng dengan minyak mentega hingga setengah matang. Setelah itu, daging disiram dengan santan sampai mengering dan meresap. Setelah diberi bumbu dan rempah, Ayam Cincane siap disajikan bersama nasi putih hangat dengan sambal tomat yang di tambahkan air perasan jeruk nipis. Ugh, bikin ngiler gak sih!

 

4. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari berbeda dengan ikan bakar yang biasa tersaji di daerah lain. Ikan yang biasa dipilih untuk dibakar adalah ikan tongkol, meskipun jenis ikan lain juga tak masalah untuk digunakan.

Ciri yang paling khas dari masakan ini terletak pada bumbu yang disiramkan berupa sambal yang digiling kasar, disajikan mentah (tidak turut dibakar) yang terkenal dengan rasa pedasnya yang unik. Menyantapnya di pinggir pantai dengan keindahan alam tanah Papua, yummy!

 

5. Binte Biluhuta

Hidangan khas Gorontalo yang kaya dengan gizi nan lezat dengan isi berbagai macam sayuran. Campuran jagung, kemangi, tomat, ditambah ikan cakalang atau udang menjadi kombinasi makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Nama dari makanan ini adalah Binte Biluhuta, atau sering disebut juga Milu Siram.

Binte Biluhuta dalam bahasa Gorontalo berarti jagung yang disiram. Sekilas terdengar biasa saja, namun rasa yang dimiliki Milu Siram ini akan memanjakan lidah para penikmatnya. Terdapat tiga macam rasa yang ditawarkan dari panganan yang satu ini, yaitu pedas, manis, dan asin.

 

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *