5 Makanan Khas Tahun Baru di Beberapa Negara, Ada Ikan yang Melambangkan Kemakmuran Lho

Sharing is caring

Hanya tersisa beberapa jam lagi, pergantian tahun 2022 akan segera menjadi 2023. Disamping pergantian tahun yang ditunggu, ada pula beberapa perayaan hingga makanan khas tahun baru di beberapa negara ini. 

Tentu saja makanan khas ini sebagai bentuk perayaan untuk dinikmati bersama keluarga maupun orang terkasih. Penasaran apa saja makanan khas tersebut? Yuk simak di bawah ini penjelasannya :

Kransekage di Denmark dan Norwegia

Masyarakat Denmark dan Norwegia biasanya merayakan tahun baru dengan menyajikan makanan unik di atas meja makan. Makanan ini memiliki nama kue kransekage yang berbentuk bulat menyerupai donat.

Kue ini akan ditata seperti menara kemudian di bagian atasnya akan dibubuhi bendera ataupun pelengkap lainnya. Kue ini berbahan dasar marzipan hingga akhirnya akan disantap bersama minuman hangat tradisional ketika malam pergantian tahun tiba.

Mie Soba dan Mochi di Jepang

Gambar : Pixabay.com/Dok. Johnnys_pic

Negara di Asia ini juga memiliki dua menu makanan yang wajib disajikan ketika merayakan pergantian tahun. Ya, Makanan khas tahun baru di Jepang ini adalah mie soba dan kue mochi. 

Acar Ikan Haring di Polandia dan Skandinavia

Gambar : Freepik.com/Dok. Ededchechine

Masyarakat Polandia dan Skandinavia juga tidak ketinggalan dengan menu khas perayaan pergantian tahun. Makanan ini berbahan dasar acar ikan haring yang dipercaya bisa mendatangkan karunia besar di tahun selanjutnya. Selain itu, ikan ini pun kerap dijadikan sebagai simbol kemakmuran lho.

Tamale, Mexico

Gambar : Pixabay.com/Dok. Jorgerom

Tamale merupakan makanan khas tahun baru dari Mexico. Tamale merupakan olahan makanan dari adonan jagung yang berisi daging dan keju. Kemudian akan dibungkus menggunakan daun pisang atau kulit jagung. 

Ketika sudah mendekati pergantian tahun, kelompok perempuan di Mexico akan bekerja sama membuat tamale dalam jumlah yang banyak. Kemudian akan dibagikan kepada teman, keluarga, dan tetangga ketika tahun baru. 

Biasanya tamale akan disajikan bersama menudo. Menudo merupakan olahan makanan berupa sup babat dan bubur jagung.

King Cake di Perancis dan Bulgaria

Gambar : Freepik.com

King cake menjadi makanan wajib ketika pergantian tahun baru di negara Perancis dan Bulgaria. Uniknya makanan khas tahun baru ini memiliki koin emas di dalam kue. 

Koin emas ini melambangkan keberuntungan dan kemakmuran bagi yang menemukan atau yang memotong kue.

Nah itu dia 5 jenis makanan khas tahun baru beberapa negara di dunia. Kamu pengen coba makanan khas negara mana nih? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *