5 Makanan yang Wajib Dicicip saat Lebaran!

Sharing is caring

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Islam setelah melaksanakan Ramadhan atau bulan puasa.

Setelah melaksanakan sholat idul fitri, biasanya tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga wajib dilakukan. Kemudian, antar keluarga akan makan bersama dengan menyantap ketupat dan opor ayam, yang sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran untuk memeriahkan suasana.

Ada berbagai hidangan khas yang dijadikan menu Lebaran favorit banyak orang, mulai dari ketupat, opor ayam, sambal goreng kentang ati dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, simak beragam menu lebaran favorit yang tidak boleh dilewatkan di hari lebaran.

Ketupat

Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. Ketupat menjadi makanan wajib dan khas yang selalu ada saat Lebaran.

Ketupat biasa dihidangkan dengan sayur, sambal goreng, kuah santan, opor ayam, rendang dan masih banyak lagi.

Opor Ayam

Menu makanan khas lebaran berikutnya adalah opor ayam. Makanan berbahan dasar ayam yang diolah menggunakan santan ini merupakan makanan populer di Indonesia. Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat.

Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal merupakan menu pendamping makan. Makanan yang cenderung pedas ini mempunyai bermacam jenis salah satunya adalah  sambal goreng kentang-ati.

Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu dicampur dengan ati rempela yang juga dipotong dadu. Makanan ini bisa melengkapi sajian ketupat di hari lebaran.

Rendang

Makanan khas Padang ini juga menjadi salah satu menu wajib yang akan ditemui saat Lebaran. Sama dengan opor ayam, rendang juga kerap disajikan dengan ketupat.

Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bahan yang digunakan biasanya menggunakan daging sapi dengan santan kelapa, cabai serta rempah-rempah.

Semur

Menu makanan khas lebaran selanjutnya adalah semur. Makanan berbahan dasar daging dengan kuah berwarna cokelat ini sering ditemui ketika Hari Raya Idul Fitri.

Berbeda dari opor ayam dan rendang yang terbuat dari bahan dasar santan, Semur daging terbuat dari kecap.

Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti ditambahkan telur, tahu, tempe, dan bahan lain sesuai selera.

Itu dia 5 makanan yang wajib kamu cicip saat lebran, mana yang menjadi favorit kamu?

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.