5 Masakan Wajib Khas Tanah Air Saat Lebaran Tiba, Nomor 4 Ternyata Berasal dari Belanda

Ketupat menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang identik dengan lebaran atau hari raya Idul Fitri. Penyajian ketupat ini juga bermacam-macam. Ada banyak jenis hidangan ketupat di Indonesia yang siap memanjakan lidah kita semua.

Tak hanya ketupat, ada beragam jenis hidangan khas Indonesia yang selalu hadir saat Idul Fitri. Berikut 5 masakan yang wajib ada saat lebaran!

1. Rendang

Meski di hari-hari biasa tetap ada, rendang juga menjadi masakan primadona saat momen Lebaran. Mau disantap dengan lontong atau nasi, rasanya akan selalu lezat, nikmat dan rasanya ingin nambah terus.

2. Opor ayam

Ini merupakan masakan wajib yang ada di hari raya. Opor yang memiliki kuah santan kental gurih berwarna kekuningan ini biasanya berisi ayam. Namun banyak juga yang menambahkan bahan lainnya seperti telur, kentang, atau tahu.

3. Telur pindang

Merayakan hari kemenangan juga berarti menyantap makanan lezat. Saat Lebaran tiba biasanya hampir semua jenis lauk pauk bisa kamu temukan. Di beberapa daerah menu masakan Lebaran yang tidak pernah absen adalah telur pindang yang rasanya legit.

4. Semur

Berbicara tentang makanan Lebaran, tak lengkap rasanya jika tak ada semur. Makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari Belanda. Rasa manis gurih dan asam dari tomatnya menggugah selera banyak orang.

Sajian ini akan semakin nikmat jika disajikan bersama nasi putih hangat, sambal tomat, dan taburan bawang goreng dan kerupuk.

5. Sayur labu siam

Sayur ini merupakan sayur pelengkap untuk makan lontong atau basa juga disebut lontong sayur. Kalau biasanya sayur ini menggunakan pepaya muda, kini labu siam sebagai gantinya pun tidak kalah lezatnya. Apalagi jika ditambah potongan daging dan tempe.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.