6 Destinasi Wisata Patung Tertinggi Dunia. Sstt, Semuanya di Asia, Loh!

Sepanjang sejarah peradaban manusia, sudah banyak sekali mahakarya yang tercipta, khususnya patung, baik sebagai simbol kemerdekaan suatu bangsa maupun religius. Ukuran dan detailnya pun sungguh mengagumkan. Dan Asia, termasuk Indonesia harus berbangga, karena banyak pula karya seni pahatan patung yang levelnya mendunia. Jika kalian bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja, boleh disimak enam destinasi wisata patung tertinggi dunia, yang semuanya ada di Asia, berikut ini.

 

1. Statue of Unity (India)

Dibangun sejak 2013, Statue of Unity di Gujarat, India. Patung setinggi 182 meter ini praktis menjadi patung tertinggi di dunia mengalahkan Spring Temple Buddha yang sebelumnya memegang predikat tersebut.

Patungnya sendiri didedikasikan untuk Bapak Pembangunan Republik India, Sardar Patel yang tutup usia pada Desember 1950. Pembangunannya sendiri memakan budget hingga US$420 juta dan baru akan diresmikan pada akhir Oktober mendatang.

 

2. Spring Temple Buddha (Cina)

Dengan tinggi mencapai 153 meter, patung Buddha yang terletak di Lushan, Provinsi Henan ini menjadi yang tertinggi kedua di dunia.

Dibangun sejak 1997 dan selesai pada 2008, patung ini sendiri menghabiskan dana pembuatan sampai $55 juta.

 

3. Laykyun Sekkya Buddha (Myanmar)

Memulai pembangunannya pada 1996, patung yang menggambarkan Buddha Shakyamuni ini terletak di Kota Monywa. Patung ini sendiri berukuran 116 meter, menjadikannya patung tertinggi ketiga di dunia.

Yang menarik, patung dengan dominan warna kuning ini dibangun dengan donasi warga lokal yang juga menjadi alasan kenapa patung ini memakan waktu sangat lama dalam pembuatannya. Di sini juga terdapat banyak sekali tanaman Bodhi yang menjadi landmark wisata selain patungnya.

 

4. Ushiku Daibutsu (Jepang)

Dengan berat patung mencapai 4.000 ton, patung tertinggi di dunia berikutnya adalah Ushiku Daibutsu. Patung yang dibuat dengan pose Vitarka (dalam ajaran Buddha menggambarkan pengetahuan) ini dibuat pada 1993 dan rampung pada 1995.

Berdiri di kompleks taman yang indah, ternyata tempat dibangunnya patung setinggi 120 meter ini semata-mata bukan dipilih atas dasar komersil. Dipercaya, Buddha Amitabha memang mendapat pencerahan di tempat tersebut sehingga dibangunlah areal taman yang disebut ARCADIA (Amida’s Radiance and Compassion Actually Developing and Illuminating Area).

 

5. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (Bali)

Kalau yang satu ini baru saja diselesaikan pembangunannya Agustus lalu. Garuda Wisnu Kencana merupakan satu-satunya patung tertinggi di dunia yang dibangun dari kepercayaan Hindu, yang memiliki tinggi 121 meter, di mana digambarkan Dewa Wisnu sedang menunggangi Garuda.

Tamannya sendiri mempunyai luas 60 hektar dan mampu menampung hingga 7.000 orang, sehingga sering digunakan sebagai tempat untuk menghelat pagelaran skala besar bahkan internasional.

 

6. Leshan Giant Buddha (Cina)

Meski tidak setinggi patung-patung yang disebutkan sebelumnya, Leshan Giant Buddha menjadi unik karena lokasinya yang tidak biasa. Dibangun pada era Dinasti Tang (antara tahun 713 dan 803 M), patung ini dipahat di sebuah tebing kapur merah yang terletak di jalur pertemuan Sungai Min dan Sungai Dadu. Artinya, patung zaman pra modern ini berdiri megah di tengah-tengah sungai besar yang langsung menghadap Gunung Emei, salah satu dari empat gunung suci umat Buddha di Tiongkok!

Dengan tinggi 71 meter, Leshan Giant Buddha juga menjadi satu-satunya patung Buddha tertinggi dan terbesar di dunia yang terbuat dari batu, dan praktis diakui UNESCO sebagai The World Heritage Site sejak 1996.

Untuk menuju ke sini, kalian harus menaiki perahu yang telah disediakan. Ketika sampai, silakan nikmati sensasi mendaki tebing curam dengan patung Buddha Maitreya terduduk megah di tengah-tengahnya!

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.