6 Makanan Ekstrim Khas Thailand yang Membuat Mual, Kamu Berani Memakannya? 

Sharing is caring

Thailand merupakan negara tetangga yang mungkin sangat mudah untuk dijadikan sebagai tujuan wisata luar negeri. Karena untuk pergi ke Thailand tidak membutuhkan banyak waktu hanya untuk perjalanan saja. 

Nah, bagi kamu yang sedang memiliki tujuan wisata ke Thailand dan mencari rekomendasi makanan unik disana, jangan lewatkan isi artikel ini ya. Sebab, ada 6 makanan unik khas Thailand yang akan sangat menantang kamu untuk mencobanya. Penasaran? Yuk disimak penjelasannya 

Mok Huak atau Kecebong

Wah,  siapa yang suka kecebong? Pernahkah kamu membayangkan memakannya? Jika pernah dan ingin mencobanya, maka Thailan menyediakan makanan yang satu ini lho. 

Di Isan disebut sebagai huak, di Thailand sendiri dikenal sebagai luk awd, sedangkan di Indonesia disebut sebagai berudu atau kecebong.

Makanan Muak Huak merupakan kecebong yang dicampur dengan serai, cabai, adas, bumbu, kemangi dan rempah dalam mangkuk. Setelah itu dikemas menggunakan daun pisang lalu dipanggang dengan arang. Jika kamu menemukan ini di Thailand, Muak Huak bisa kamu makan bersama ketan (khao niao).

Hon Mhai atau Ulat Sutra

Ulat sutra dimakan? Emang enak? Mungkin karena belum mencobanya jadi merasa ga wajar. Namun, setelah melihatnya langsung makanan ini di Thailand penilaian kamu bisa saja berubah. 

Hon Mhai merupakan makanan ringan yang biasa dijual di jalanan Bangkok, Thailand. Ulat ini digoreng di troli penjual untuk memastikan kesegaran makanan kemudian ditaburi dengan garam atau lada serta kadang-kadang ditambahkan saus racikan rahasia sebelum disajikan.

Wah, jika penyajiannya seperti ini mungkin akan meningkatkan selera makan kamu nih? Berani coba ga? 

Belatung Sagu atau Tua Duang

Jika tadi membahas ulat sutera, sekarang ada ulat sagu yang menjadi makanan unik khas Thailand. Ulat ini merupakan larva besar kumbang kelapa Asia yang meresahkan dan juga merupakan salah satu serangga yang paling sulit dimakan di Thailand. 

Tampilannya memang tidak menarik bahkan mungkin membuat kamu jijik. Tapi tenang, selain dimakan mentah-mentah ada pula sajian ulat sagu yang sudah dipanggang. Hal ini memungkinkan kamu bisa mengkonsumsinya tanpa ingat bahwa makanan ini adalah ulat. 

Larb Leuat Neua atau Daging Sapi Mentah dengan Darah Tidak Dimasak

Larb adalah kuliner yang paling populer di Thailand bagian utara, terutama di dekat Laos. Jenis makanan itu merupakan hidangan nasional tidak resmi di Laos. 

Larb yang dimasak dengan baik berbahan ayam atau babi cincang dengan banyak tambahan mint, rempah-rempah serta cabai. 

Akan tetapi ada pula Larb yang disajikan dengan gaya mentah, nah Larb mentah ini dibuat menggunakan daging sapi mentah yang masih mengandung darah. Seperti makanan khas Thailand lain, Larb juga bisa disajikan dengan ketan.

Saking populernya makanan ini, sampai sampai tersedia di bar lho. Konon katanya rasa Larb biasa disajikan bersama bir yang dingin. 

Meskipun terbilang sangat populer, namun kamu tetap harus waspada ya. Sebab, resiko mengkonsumsi daging yang belum dimasak tentu akan membawa banyak bakteri.  Bakteri ini tentu saja akan membuat pencernaan kamu bermasalah. So, masih mau mencobanya?

Luu Muu atau Darah Babi Mentah

Jeroan dan darah bisa dengan mudah kamu temukan dalam masakan Thailand. Asalnya masyarakat Thailand tidak ingin menimbulkan banyak limbah. 

Nah, Darah babi merah mentah yang cerah dicampur ini biasanya dicampur dengan rempah-rempah yang lezat. Dan kerap disajikan di atas mie renyah yang dihiasi dengan daun jeruk purut serta cab moo, dan kulit babi goreng.

Akan tetapi tetap berhati-hatilah saat ingin mencobanya, karena makanan ini akan membuat kamu memiliki resiko terkena infeksi streptococcus suis yang berbahaya.

Larb Mote Daeng atau Telur Semut Merah

 

Ketika mendengarkan bahan utama makanan ini mungkin akan membuat kita jijik atau muntah. Namun Larb Mote Daeng merupakan salah satu makanan yang paling enak lho di Thailand.

Larb merupakan salad Lao/ Thailand terkenal dengan cita rasa asam, pedas, dan menyegarkan dari daun mintnya, apalagi jika ditambahkan bubuk beras panggang.

Semut dan telurnya memiliki rasa yang persis seperti jus jeruk nipis, keduanya menyatu dengan rasa asam di setiap suapan. Wah,  sepertinya jika disantap siang hari langsung segar nih. Yakin Berani coba? 

Nah, itu dia 6 rekomendasi makanan ekstrim Thailand yang tampak menjijikan namun sangat populer. Setelah membaca artikel ini, kira-kira kamu berani coba yang mana dulu nih? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.