6 Rekomendasi Destinasi Wisata Akhir Tahun Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Sharing is caring

Indonesia memiliki banyak sekali pilihan destinasi wisata untuk dikunjungi termasuk di Sumatera Utara. Sebab, ada banyak sekali destinasi wisata akhir tahun memanjakan mata di Sumatera Utara yang bisa kamu eksplor. 

Tentu saja destinasi wisata ini akan sangat membantu kamu dalam menghilangkan penat. Penasaran apa saja rekomendasinya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini :

Vihara Gunung Timur

Destinasi wisata akhir tahun memanjakan mata di Sumatera Utara yang pertama terletak di Jl Hang Tuah No.16, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan. Tempat wisata ini merupakan kelenteng Tionghoa (Taoisme) terbesar di Ibu Kota Sumatera Utara. 

Disini kamu dapat melihat bangunan dengan arsitektur Tionghoa yang didominasi oleh warna merah menyala berpadu kuning emas. Terdapat pu banyak patung yang menghiasi bangunan vihara tersebut. Ada puka deretan pilar penyangga atap vihara yang diukir dengan huruf China. 

Untuk bisa memasuki Vihara Gunung Timur tidak perlu membeli tiket melainkan hanya perlu membayar parkir saja. Untuk kendaraan roda dua hanya dikenai tarif 5.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenai tarif 10.000 rupiah. 

Perlu kamu ketahui kalau vihara ini merupakan merupakan objek wisata religi yang usianya hampir 100 tahun lho.

Pantai Pandan

Pantai Pandan merupakan salah satu pantai yang paling populer di Sibolga. Ketika kamu berada di pantai ini, sejauh mata memandang yang akan terlihat hanyalah perairan yang membentang di laut lepas. 

Di bagian kanan terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi dimana bukit tersebut merupakan daratan wilayah Sibolga. Pantai Pandan ini air lautnya berwarna hijau kebiru-biruan dan cukup jernih. 

Airnya lautnya cukup tenang, bahkan hampir tanpa ombak begitu pula dengan pantai yang sangat bersih. Sehingga ketika kamu berkeliling tidak akan menemukan sampah-sampah yang berserakan. 

Untuk dapat menikmati daya tarik dan segala jenis fasilitas di sini, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk karena tempat wisata ini gratis. Hanya saja ada biaya parkir kendaraan yang berlaku untuk para pengunjung yang membawa kendaraan.

Kawah Putih Tinggi Raja

Destinasi wisata akhir tahun memanjakan mata berada selanjutnya di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean. Dimana tempat ini merupakan ujung pelosok Kabupaten Simalungun. 

Tempat wisata yang satu ini memiliki objek kawah yang terlihat eksotis dengan warna air kawah yang biru. Ditambah lagi dengan batuan kapur dan salju panas di sekelilingnya. Tentu saja hal ini membuat Kawah Putih Tinggi Raja semakin menawan. 

Kawah Putih Tinggi Raja dapat kamu kunjungi hanya dengan berkendara sejauh 95 kilometer saja dari Kota Medan. Kamu juga tidak akan dikenai biaya selain membayar parkir. Pastikan kamu mengunjungi objek wisata Kawah Putih Tinggi Raja pada 07.00-17.00 ya. 

Danau Linting

Danau Linting merupakan destinasi wisata akhir tahun memanjakan mata di Sumatera Utara. Danau ini terletak di tiga desa, yaitu Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang.

Tepatnya berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Kamu harus tahu kalau disini terdapat lubang hidrotermal yang memuntahkan air panas dari kedalaman danau. 

Air di Danau Linting juga kerap mengalami perubahan warna mulai dari biru, cyan, dan hijau. Hal ini terjadi akibat proses kimiawi. Selain dari airnya yang kerap berubah warna pemandangan danau eksotis ini dikelilingi pepohonan hijau semakin menambahkan keunikan panorama kawasan Danau Linting. 

Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek 5.000 rupiah saja untuk tiket masuk tempat wisata ini lho.  

Tangkahan, Langkat

Namanya sudah dikenal wisatawan baik lokal maupun mancanegara, lokasi Tangkahan terletak di antara dua desa, yaitu Namo Sialang dan Sei Serdang. 

Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta kesegaran udara yang masih sangat asri, dilengkapi sungai mengalir, air terjun, air panas, dan lembah. 

Disini kamu dapat melakukan aktivitas memandikan gajah, jungle trekking, river tubing, main di air terjun, berenang di air sungai, berendam air hangat, sampai berfoto di jembatan gantung. 

Kawasan Tangkahan menawarkan harga tiket sesuai aktivitas yang akan dilakukan. Jadi kamu bisa memilih harga yang sesuai kebutuhan ya. Mulai dari 150.000- 400.000 per orang saja. 

Sedangkan untuk biaya masuk tempat wisata ini kamu akan dikenakan tarif 10.000 saja. Tangkahan buka mulai hari Senin-Kamis, Sabtu, dan Minggu pukul 08.30-16.30 WIB. So, pastikan kamu datang sesuai jadwal operasionalnya ya.

Air Terjun Dua Warna, Sibolangit

Air Terjun Dua Warna lokasinya ada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Air terjun ini berada persis di area kaki Gunung Sibayak. 

Kamu perlu waktu 3 jam dari pusat kecamatan menuju Air Terjun Dua Warna. Spot wisata ini dapat memanjakan mata karena air terjunnya indah dan memiliki dua gradasi warna yang berbeda. 

Air yang tertampung dari pancurannya berwarna putih keabu-abuan, akan tetapi air terjun yang tumpah dari atas tampak berwarna biru muda. 

Disini kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang atau hanya sekedar bersantai di dekat api unggun untuk menghangatkan badan. Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna hanya sebesar 25.000 saja per orang.

Itu dia 6 destinasi wisata akhir tahun memanjakan mata di Sumatera Utara yang bisa kamu kunjungi sekarang. So sudah pilih salah satu dari rekomendasi di atas? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *