7 Etika Makan di Restoran Saat Musim Liburan yang Sering Dilupakan

Makan di restoran saat musim liburan perlu memperhatikan 7 etika ini. Mulai dari sabar menunggu pesanan hingga mengawasi anak-anak agar tidak membuat kegaduhan di restoran.

Musim liburan Natal hingga tahun baru dimanfaatkan banyak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Salah satu agenda populer adalah makan di restoran.

Biasanya keluarga akan memilih restoran favorit atau mencoba restoran lain yang terkenal dengan deretan menunya yang lezat. Bersantap di restoran saat musim liburan ternyata ada etikanya. Hal ini terkait jumlah pengunjung yang diprediksi bakal lebih banyak.

1. Reservasi Terlebih Dahulu.

Jangan anggap remeh musim liburan. Banyak orang mengantre untuk makan di sebuah restoran, apalagi kalau restoran itu terkenal dengan menunya yang lezat. Karenanya kamu sangat disarankan melakukan reservasi.

Cara ini memungkinkan kamu pasti mendapat tempat, sekaligus memudahkan pegawai restoran untuk mengatur tamu. Setelah reservasi, usahakan sebisa mungkin tidak membatalkannya. Kalaupun terpaksa batal, bilang secepatnya agar pihak restoran bisa memberikan meja kosong kepada tamu lain.

2. Sabar Menunggu Pesanan.

Padatnya tamu restoran membuat kehidupan di dapur sibuk. Chef dan para asistennya sebisa mungkin memasak semua makanan pesanan dengan cepat, namun layaknya manusia biasa, para chef dan pegawai restoran juga punya keterbatasan.

Karenanya kamu perlu sabar menunggu pesanan. Hindari ‘memburu-buru’ chef agar mengeluarkan makanan dengan cepat. Biasanya mereka sudah memiliki sistem teratur untuk melayani pesanan tamu restoran. Percayakan pesananmu pada chef dan para pegawai.

3. Beritahu Pegawai Restoran Jika Ingin Buru-buru.

Kamu punya acara penting usai makan di restoran? Supaya tak bikin pegawai restoran repot, informasikan hal ini dari awal kedatangan. Dengan begitu pegawai bisa menaruh perhatian khusus pada pesananmu.

Kamu juga sebaiknya ‘membantu’ pegawai restoran dengan melakukan hal-hal yang memudahkan mereka. Misalnya sudah siap dengan menu yang bakal dipesan dan meminta pegawai restoran memproses tagihan saat kamu makan. Cara ini bisa menghemat waktu kedua belah pihak.

4. Perhatikan Anak-anak.

Tak ada yang salah dengan membawa anak-anak santap di restoran, namun awasi mereka. Jangan sampai mereka berlari-larian di restoran atau bahkan berteriak karena tak sabar menunggu pesanan datang.

Sebagai orang tua, wajib hukumnya untuk kamu bertanggung jawab pada masing-masing anak. Jika anak datang dalam keadaan lapar, bilang kepada pegawai restoran agar mereka bisa mengeluarkan beberapa menu lebih dulu. Paling aman, orang tua juga membawa snack anak agar mereka tak rewel akibat lapar. Meski ada aturan tak boleh bawa makanan dari luar, restoran agaknya lebih longgar ketika menyangkut urusan anak-anak.

5. Tidak Banyak Meminta Penyesuaian Pada Menu.

Meski sudah bayar mahal saat santap di restoran, hindari bersikap semena-mena, termasuk dalam urusan menu. Meminta terlalu banyak penyesuaian akan membuat kerepotan di dapur.

Bukan tak mungkin, tamu lain melihat apa yang kamu pesan, kemudian berakhir meminta yang sama. Hal ini bisa semakin merepotkan chef di restoran. Kalau kamu punya batasan makanan seperti alergi, diet, atau preferensi makanan, bilang dari awal pada pegawai restoran.

6. Tidak Berlama-lama Di Restoran.

Musim liburan identik dengan kapasitas restoran yang penuh. Pengertian terhadap tamu lain perlu kamu lakukan. Caranya adalah dengan tidak berlama-lama di restoran. Ketahuilah ada banyak tamu lain menunggu tempatmu.

Hindari ngobrol terlalu lama saat makan atau bahkan setelahnya. Pertimbangkan bahwa pegawai restoran juga butuh tambahan waktu untuk membereskan mejamu sebelum dipakai tamu lain.

7. Memberi Tip.

Tip dari tamu sangat berarti untuk pegawai restoran. Memberikan tip juga menjadi bentuk apresiasi dari kamu untuk pelayanan serta menu yang memuaskan.

Tak ada salahnya menyisihkan sedikit uang sebagai tip bagi pegawai restoran. Tak ada besaran pasti soal jumlah tip, namun di negara Barat biasanya mencapai 20% dari total harga bersantap di restoran.

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *