Afi Nihaya, sempat mendapatkan ancaman karena tulisannya.

Afi Nihaya Faradisa, bernama asli Asa Firda Inayah yang lahir di Banyuwangi 23 Juli 1998. Namanya mulai dikenal karena statusnya di media sosial facebooknya yang berjudul warisan, kemudian Afi membuat status berjudul belas kasih dalam agama kita yang diunggah akhir Mei lalu, statusnya dikritik karena dalam beberapa bagian persis sama dengan tulisan berjudul agama kasih oleh penulis Mita Handayani yang diunggah pada 30 Juni 2016. Dalam status tanggal 17 April 2017, Afi menulis status mengenai mendengar curhat orang lain. Pada awal Juni 2017, Afi juga sempat membuat status yang diunggah pada 8 Juni 2017 dengan judul warung makan dan ternyata tulisan tersebut juga pernah diunggah lembaga perlindungan konsumen celebes pada 31 Desember 2016, Mengakui bahwa dirinya pernah melakukan plagiarisme dan meminta maaf. Dalam pembelaannya, dia mengatakan “ kita semua pernah melakukan plagiarisme. Siapa yang tidak melakukannya? Tak ada gagasan yang benar-benar murni, asli “.
Juni 2017, Afi kembali menggugah tulisan permintaan maaf dan mengakui bahwa dirinya ‘ mencatut beberapa paragraf dari tulisan Mita Handayani’. “ Saya mengakui hal tersebut sebagai kesalahan” ujarnya, Afi juga menegaskan bahwa di antara ratusan tulisan yang di unggah di dunia Maya, hanya tulisan itulah yang bukan tulisannya sendiri. “ Yang lainnya, termasuk tulisan berjudul warisan yang membuat saya viral adalah tulisan saya sendiri dan bukan hasil copas tulisan orang,” ujar Afi. Sebelum Afi mengakui kalau ia melakukan plagiarisme dengan beberapa status orang lain, Afi sempat mendapat banyak tawaran beasiswa, menjadi pembicara dan diundang ke istana negara untuk bertemu langsung oleh presiden Jokowi di hari lahir Pancasila Juni 2017 lalu. Akun facebook Afi nihaya sempat ditangguhkan , namun saat ini telah pulih dan bisa diakses kembali.
Lantas benarkah karena permasalahan plagiarism, Afi dijauhi oleh teman-teman sekolahnya?, saksikan selengkapnya hanya di rumpi no secret.

Portal Media Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment