Artis yang Berperan Sebagai Tokoh Kartini, Salah Satunya Dian Sastro, lho!

Sharing is caring

RA Kartini adalah sosok masyarakat Indonesia yang menginspirasi banyak orang, sehingga tak jarang sosoknya ini dijadikan sebuah film. Setiap 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini, tanggal saat Raden Ajeng Kartini dilahirkan. Pada Hari Kartini ini, mari kita melihat kembali film-film Kartini yang diperankan oleh artis-artis ini, siapa saja, ya?

Yenny Rachman

Yenny Rachman pernah memerankan menjadi RA Kartini, dan ia adalah yang perankan RA Kartini pertama. Di filmua nya yang berjudul RA Kartini dari tahun 1982. Artis kelahiran Januari 1959 ini, memainkan peran berdasarkan dari buku Biografi Kartini yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto. Film ini disutradarai Sjumandjaja dan berhasil mendapat 3 Piala Citra.

Rania Putrisari

Artis yang pernah perankan RA Kartini selanjutnya adalah Rania Putri Sari. Aktris yang satu ini membintangi film berjudul Surat Cinta Untuk Kartini pada tahun 2016 yang berfokus pada kisah cinta sang tokoh titular dengan seorang tukang pos.

Adelheid Bunga

Adhelheid juga pernah memerankan tokoh RA Kartini, ia juga hadir di film yang sama dengan Dian Sastro, Adelheid berperan sebagai RA Kartini yang lebih muda; tepatnya ketika remaja berusia 14 tahun. Karena tak menjadi fokus cerita, Adelheid tak banyak tampil sebagai Kartini namun kehadirannya membuat film lebih berwarna.

Neysa Chandra

Dalam film garapan Hanung Bramantyo ini, dia berperan sebagai Kartini kecil. Memang, kehadirannya di dalam film tidak sebanyak bintang lain, namun kehadirannya cukup memberi pengaruh bagi penonton dan kritikus. Buktinya, Neysa Chandra masuk ke dalam nominasi di Festival Film Indonesia untuk kategori “Penampilan Artis Cilik Terbaik” pada 2017.

Dian Sastrowardoyo

Dian perankan sosok RA Kartini pada film Kartini tahun 2017. Menceritakan sesosok Kartini yang berjuang untuk menyetarakan hak bagi kaum perempuan terutama dalam hal pendidikan. Pada film ini, Dian Sastro bersama Acha Septriasa dan Ayushita yang beperan sebagai dua saudaranya yaitu, Rukmini dan Kardinah. Mereka bertiga berjuang membangun sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

Itulah beberapa artis yang memerankan sosok RA Kartini,  salah satu pejuang emansipasi wanita di Indonesia, terutama dalam hal Pendidikan. Siapa favoritmu?

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *