Asyiknya 6 Wisata Indah di Kota Serambi Mekkah, Aceh

Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera. Aceh dianggap sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia dan memegang peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara. Oleh sebab itu, Aceh dijuluki sebagai kota Serambi Mekkah.

Meski terkenal syariah dibanding kota-kota lain, Aceh mempunyai beragam objek wisata memesona.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Kurang lengkap rasanya kalau ke Aceh tak berkunjung ke masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini menjadi landmark Aceh yang populer, terutama setelah tsunami. Masjid itu tetap berdiri kokoh meski dihantam badai tsunami yang dahsyat. Padahal segala bangunan lainnya porak-poranda.

Desain arsitektur masjid bakal membuatmu kagum. Terdapat banyak ukiran huruf Al-Quran, halaman masjidnya luas, dan kolam a la Kesultanan Turki Utsmani. Beberapa faktor tersebut membuat masjid Raya Baiturrahman dinobatkan sebagai salah satu masjid terindah di Indonesia.

2. Bukit Pantan Terong

Kamu bisa menyaksikan panorama keindahan Aceh dari ketinggian. Bukit Pantan Terong yang berada di ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut. Banyak hal indah yang bisa kamu nikmati, di antaranya ibu kota Takengon, Danau Laut Tawar, lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka, dan lain-lain.

Bukit Pantan Terong terletak di kecamatan Bebesan, 7,5 kilometer dari kota Takengon. Akses menuju Pantan Terong terbilang mudah walaupun harus melewati kondisi jalanan yang terjal. Kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp5.000 untuk bisa masuk ke area Pantan Terong. Jangan lupa bawa jaket, ya!

3. Danau Laut Tawar

Tak hanya untuk dilihat dari Pantan Terong, kamu juga bisa berkunjung langsung ke Danau Laut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektare dengan panjang 17 kilometer dan lebar 3,219 kilometer.

Danau Laut Tawar merupakan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sisi barat danau ini, terdapat sebuah kota kabupaten yakni Takengon.

Perjalanan jauh selama 7 jam dari Banda Aceh tak akan membuatmu kecewa. Perpaduan keindahan dataran, bukit, dan perairan bakal menjadi alasanmu bahagia di sana. Kamu juga harus menikmati kuliner khasnya seperti kopi Gayo dan ikan depik.

4. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dibangun sebagai monumen simbolis musibah tsunami yang terjadi 2014 silam. Museum ini menyimpan semua kenangan yang terkait dengan Aceh sebelum dan setelah dilanda tsunami.

Desain interior museum begitu apik dengan dinding lengkungnya ditutupi relief geomteris. Museum buka selain hari Jumat. Kamu bisa menikmatinya secara cuma-cuma alias gratis.

Kamu bisa merasakan atmosfer kepanikan saat tsunami. Terdapat lorong sempit dan gelap dengan suara-suara yang mencengangkan. Selain sebagai tempat edukasi, museum ini akan menjadi sarana perlindungan dari bencana, jika kelak terjadi bencana serupa.

5. Air Terjun Blang Kolam

Rasakan keindahan air terjun alami di tengah hutan di Desa Sido Mulyo. Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Lhokseumawe. Air terjun setinggi 75 meter dan dikelilingi pepohonan rindang ini pasti bisa membuatmu lebih segar.

Meskipun masih alami, akses perjalanan dalam hutan dijamin aman oleh pengelola wisata. Kamu harus ekstra hati-hati karena harus melewati 660 anak tangga yang dipenuhi lumut. Kamu pun boleh berenang di Air Terjung Blang Kolam.

6. Pantai Kuala Merisi

Perihal wisata alam tentunya Aceh mempunyai banyak pantai indah seperti Kuala Merisi. Pantai Kuala Merisi ini berlokasi di Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee di Kabupaten Aceh Jaya. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang kecil dan pasir putihnya.

Kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam terlebih dahulu untuk bisa sampai ke Pantai Kuala Merisi. Lamanya waktu perjalanan membuat pantai ini cenderung sepi terutama saat hari kerja. Kamu bisa bebas bermain dan snorkeling di sini.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *