Berani Menelusuri 5 Tempat Wisata Seram Ini di Indonesia?

Tidak diragukan lagi Indonesia menyimpan segudang keindahan serta keanekaragaman budaya, alam, sampai kuliner. Namun dibalik itu semua, Indonesia juga mempunyai banyak sekali lokasi-lokasi seram yang bikin bulu kuduk merinding. Kalau kamu tipe orang yang pemberani, belum afdol rasanya jika belum mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan sensasi misterius berikut ini.

 

1. Taman Festival Bali (Sanur, Bali)

Berlokasi di Jalan Padang Galak, Kesiman, Sanur, Taman Festival Bali dulunya merupakan theme park yang mempunyai banyak sekali wahana seperti amphitheater, teater 3D, kebun binatang, wisata alam hingga gunung buatan yang dapat meletus non-stop!

Namun karena pembangunannya terhambat oleh pendanaan, tempat yang dijuluki ghost town ini resmi ditutup pada 1999. Dengan menyisakan reruntuhan gedung-gedung serta pepohonan rindang yang tumbuh liar, bayangin deh, kayak apa tempat ini sekarang?

Meski begitu masyarakat setempat mengambil peluang dengan menetapkan tiket masuk sebagai donasi sebesar 10 ribu rupiah dan kita sudah bisa menikmati pengalaman “berpetualang” di wahana bermain terbengkalai tersebut.

 

2. Hotel P.I. Bedugul (Sanur, Bali)

Masih di Bali, Hotel Pondok Indah Bedugul terletak di Baturiti, Kabupaten Tabanan. Sejak dibangun medio 1997, hotel ini tidak pernah beroperasi. Masyarakat sekitar pun tidak ada yang tahu mengapa hotel ini mangkrak begitu saja. Ada yang bilang bahwa bangunan ini dimiliki oleh pengusaha asal Cina, ada juga yang bilang bangunan ini milik konglomerat yang terjerat perizinan sehingga hotel tersebut ditinggalkan begitu saja. Bahkan rumor lainnya mengatakan bahwa hotel ini milik Tommy Soeharto. Hingga kini siapa pemilik resmi hotel seram ini tak ada yang tahu pasti.

Meski di pagi dan siang hari mempunyai panorama yang indah karena lokasinya berada di kaki gunung Batukaru, suasana hotel berpredikat the ghost palace ini berubah drastis ketika malam tiba. Sosok terkenal yang menghuni Hotel P.I. Bedugul berwujud gadis cantik dengan paras putih manis khas wajah oriental. Ia juga kerap menghentikan kendaraan yang lewat di sekitaran jalur hotel tersebut lalu kemudian hilang begitu saja.

 

Uniknya, keangkeran hotel tersebut menjadi viral justru semenjak seorang travel writer asal Lithuania bernama Jacob Laukaitis mengunggah video penelusurannya seputar hotel ini di kanal YouTube miliknya. Meski tidak dimaksudkan menjadi tempat wisata mistis, hotel ini memiliki magnetnya sendiri dalam menarik para wisatawan untuk berkunjung.

 

3. Museum Benteng Vredeburg (Yogyakarta)

Bangunan tua, apalagi yang mempunyai nilai sejarah, sudah pasti memiliki keangkerannya tersendiri. Tidak terkecuali Museum Benteng Vredeburg. Museum yang terletak di Jalan Margo Mulyo, Gondomanan ini dulunya merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1767.

Pada waktu itu benteng ini difungsikan sebagai benteng strategi, intimidasi, penyerangan serta blokade. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Belanda sebab mereka khawatir akan kemajuan yang dialami oleh Keraton Yogyakarta sehingga dengan segala tipu muslihat akhirnya diijinkan untuk membuat sebuah benteng di dekat keraton. Selain itu hal ini juga dimaksudkan untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu Sultan beralih haluan dan memusuhi pemerintah Belanda.

Dengan gaya bangunan yang masih tetap mempertahankan arsitektur Belanda, benteng yang kini dialihfungsikan menjadi museum ini menjadi destinasi sejarah sekaligus mistis favorit wisatawan. Betapa tidak, di museum benteng ini acapkali terdengar derap baris tentara, atau yang paling terkenal adalah sosok wanita cantik bergaun panjang yang selalu menampakkan diri di sekitaran pintu gerbang museum kala malam. Menariknya, ketika sosok ini menyibakkan gaun bagian bawahnya, nampak kakinya menyerupai bagian kaki kuda.

 

4. Taman Langsat (Jakarta Selatan)

Taman yang terletak di belakang Pasar Burung Barito, Jakarta Selatan ini tentunya seperti taman-taman pada umumnya; menawarkan suasana teduh, menenteramkan, dan tentunya cocok buat kalian yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk ibukota. Itu jika di pagi dan siang hari. Nyatanya, di malam hari suasana menyenangkan itu berubah 180 derajat.

Sudah banyak masyarakat yang mengalami kejadian seram di taman ini; terutama sekali jika sedang berada di dekat pohon beringin yang konon sudah berusia ratusan tahun. Sensasi mencekam di malam hari dari taman ini pun sempat dijadikan sebuah film loh!

5. Pulau Kumala (Kalimantan Timur)

Terletak di sebelah barat Kota Tenggarong, Pulau Kumala merupakan sebuah delta di tengah-tengah sungai terpanjang di Kalimantan Timur, Sungai Mahakam. Awalnya, pulau kecil ini kosong tak berpenghuni, sampai dibangun menjadi kawasan wisata pada tahun 2002.

Ada banyak sekali wahana permainan di sini seperti komidi putar, jet coaster, kereta gantung, dsb. Belum lagi panoramanya yang luar biasa menjadi spot yang instagramable. Benar-benar tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga atau sekadar hangout bersama teman-teman.

Namun mitosnya, dulu Pulau Kumala terbentuk dari kapal karam Inggris saat Insiden Tenggarong terjadi pada abad ke-18. Itulah yang menyebabkan pulau ini berbentuk seperti kapal. Ditambah lagi penampakan terkenal perwira angkatan laut Inggris di pulau ini makin menambah kesan seram dari pulau yang mendapat julukan Kumala Fantasy Island ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: