Berbahaya Jika Salah Konsumsi, Hati-hati dengan 5 Buah-buahan Berikut Ini!

Buah-buahan bagus untuk kesehatan manusia karena kaya akan kandungan vitamin, kalsium, protein dan serat. Selain bagus untuk kesehatan, banyak pula jenis buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit.

Namun di balik sejuta manfaat yang ditawarkan oleh buah-buahan, ada beberapa jenis buah yang harus hati-hati jika mengkonsumsinya! Apa saja?

1. Kacang tanah

Kacang tanah mengandung aflatoksin yang masuk ke dalam golongan senyawa toksik, apa lagi untuk kacang tanah yang sudah berjamur atau busuk. Kandungan racun toksiknya sangat tinggi.

Kacang tanah yang tidak dimasak sempurna sangat berbahaya bagi kesehatan. Pemasakan yang biasa tidak akan mematikan racun dalam kacang tanah karena aflatoksin hanya bisa rusak pada suhu 250 derajat celcius.

Selain itu ada juga cara lain untuk mematikan racun dalam kacang tanah, yaitu dengan cara menjemur kacang tanah yang sudah dikupas di bawah terik matahari selama 6 jam.

2. Nanas

Buah nanas dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu buah nanas baik untuk mengurangi kolesterol karena kandungan lemak di nanas sangat rendah.

Namun buah nanas yang masak memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga penderita diabetes sangat berbahaya mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan.

Sementara bagi ibu hamil juga harus menghindari buah nanas yang masih muda karena nanas muda mengandung enzim bromelin yang bersifat panas sehingga dapat melemahkan janin.

3. Ceri

Buah yang sering dijadikan pemanis kue dan minuman ini siapa sangka bisa berbahaya bagi manusia. Melalui pengolahan yang tepat, buah ceri aman dikonsumsi sebagai pemanis kue.

Akan tetapi jika memakan buah ceri secara langsung, bisa berbahaya bagi manusia karena buah ceri mengandung racun sianida pada biji dan daunnya. Jika ingin memakan buah ceri secara langsung, hindari menelan biji dan daunnya ya!

4. Durian

Durian on wood background,King of fruits

Alkohol dan asam arakidonat yang terkandung dalam buah durian sangat tinggi, sehingga tidak dianjurkan bagi ibu hamil mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengkonsumsi buah durian secara berlebihan bagi ibu hamil bisa beresiko mengalami keguguran.

5. Apel

Para ilmuwan telah menemukan bahwa apel juga mengandung racun sianida, sama seperti almond. Bedanya buah apel hanya di bagian bijinya saja yang mengandung racun sianida. Jika seseorang mengkonsumsi banyak buah apel dengan ikut menelan bijinya, orang itu akan mengalami gejala sakit perut, muntah, dan keringat berlebihan.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *