Berbatasan Langsung dengan Laut, 5 Bukit Indah di Yogyakarta Ini Sayang Kalau Dilewatkan

Sudah jadi rahasia umum kalau kawasan selatan Yogyakarta dianugerahi pantai dengan pemandangan eksotis dan pasir putih yang lembut. Tapi keindahan yang bakal kamu dapat bukan cuma sekadar bermain pasir dan air di bibir pantai, beberapa pantai memiliki tebing atau bukit yang berbatasan langsung dengan laut dan bikin Yogyakarta serasa Bali.

1. Pantai Siung

Lokasi: Pantai Siung, Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Mungkin kita tak asing dengan nama Pantai Siung. Ternyata pantai ini kerap menjadi lokasi diadakannya ASEAN Climbing Gathering, karena memiliki 250 trek panjat tebing berstandar internasional.

Pantai ini lokasinya berdekatan dengan pantai-pantai selatan lainnya, seperti Pantai Nglambor, Pantai Wedi Ombo, Pantai Sepanjang, dan sebagainya. Biaya masuk ke sini cukup merogoh kocek Rp10 ribu per orang, itu pun sudah termasuk akses ke Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

2. Pantai Kesirat

Lokasi: Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Tebing setinggi 15 – 30 meter inilah yang jadi salah satu daya tarik orang datang ke Pantai Kesirat. Selain bermain air di bagian pantai yang landai, mereka kerap berkemah atau melakukan rock fishing.

Di sana ada sebuah pohon yang sering disebut sebagai pohon abadi, karena merupakan satu-satunya pohon yang tumbuh di bibir tebing. Kamu hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp5.000 per orang, belum termasuk biaya parkir. Siapkan perbekalan dengan proper, karena belum ada fasilitas umum yang mumpuni di kawasan ini.

3. Pantai Wohkudu

Lokasi: Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Tak jauh dari Pantai Kesirat, kamu akan menemukan Pantai Wohkudu yang bisa ditempuh selama 1,5 hingga 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Selain menyaksikan keindahan pantai dan deburan laut dari atas tebing, pantai ini ideal untuk rock fishing dan digadang-gadang sebagai surganya pecinta lobster.

Kalau ingin berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di bagian landai pantai yang diapit oleh tebing tinggi. Ada banyak gua yang terbentuk dari tebing-tebing tersebut yang bikin penampilannya makin Instagramable.

4. Pantai Widodaren

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Dalam bahasa Jawa “Widodaren” berarti bidadari, mengacu pada pemandangan pantai satu ini yang begitu indah. Baiknya berkunjung saat air surut, sehingga kamu bisa turun dari tebing dan bermain di hamparan karang dan pasir putih.

Pasalnya, ketika pasang, bagian pantai ini akan hilang tertutup ombak. Ada tangga kayu setinggi tujuh meter yang dibangun warga sekitar untuk turun ke bawah mencari ikan.

Tempat ini tidak terlalu ideal untuk camping, hanya ada sedikit safe area yakni di tebing karang dan area padang rumput di atas tebing. Meski begitu, pengalaman berkemah di atas tebing dengan pemandangan laut dan langit biru bakal jadi momen tak terlupakan.

5. Pantai Ngitun atau Ngetun

Lokasi: Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Lagi cari wisata pantai antimainstream? Pantai Ngitun atau Ngetun mungkin bisa masuk dalam daftar tujuanmu di Yogyakarta.

Pantai ini belum banyak dijamah wisatawan, karena selain tempatnya terpencil, akses ke sana pun lumayan menantang. Setelah parkir kendaraan, kamu masih harus trekking kecil melewati ladang dan kebun warga.

Kalau ingin menikmati keindahan dari tebing, kamu perlu naik sedikit lagi. Salah satu spot favoritnya adalah Watu Gentong, yakni tebing batu yang menjorok ke laut.

Pantai yang berjarak sekitar 33 kilometer dari Wonosari ini belum memiliki fasilitas umum memadai, seperti toilet, tempat makan, atau tempat ibadah.

(disadur dari idntimes.com)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment