Berharap Beasiwa, Siswa SMKN Ini Ingin Ciptakan Karakter Untuk Tandingi Upin-Ipin

Fakhri Muzaki Ramadhan (18 tahun) adalah seoang siswa SMKN 1 Ciomas, Bogor. Namanya mendadak viral setelah trailer film animasi 3D karyanya berjudul Lilly The Little Hope membetot perhatian netizen, karena dianggap tak kalah dengan karya animasi luar negeri.

Film berdurasi 10 menit ini akan direncanakan tayang di bulan Februari di layar bioskop. Tak hanya itu, karya anak bangsa ini sedang diupayakan untuk dapat mengikuti ajang kompetisi di luar negeri.

Awal ketertarikan Fakhri dengan dunia animasi rupanya terjadi secara tak sengaja.

“Dari kecil aku hobi menggambar. Sejak SD sampe SMP ikut lomba menggambar namun ngga pernah menang, paling cuma sekali,” ujar Fakhri sambil tertawa.

“Di situ saya berpikir, ada ngga suatu hal lain yang membuat saya berkembang selain menggambar? Karena kakak pernah di multimedia juga, setelah saya ulik, ternyata animasi seru. Lebih menantang dan punya masa depan yang lebih cerah, di situ saya dalami terus…” lanjutnya kemudian.

Selama belajar di SMKN jurusan animasi, Fakhri sudah beberapa kali membantu proyek iklan dan animasi.

“Proyek yang menghasilkan (uang) sudah ada beberapa. Yang paling membanggakan adalah saat membantu pembuatan film animasi bioskop yang akan segera tayang berjudul Jagat. Itu salah satu pencapaian terbesar saya,“ ungkap Fakhri bangga.

Selanjutnya remaja berkamata ini berharap bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri, terutama Malaysia. Menurut Fakhri, selain alasan agama mayoritas yang sama, industri animasi Malaysia sudah lebih dulu berjalan.

Lanjut Fakhri kemudian, tantangan terbesar menjadi animator di tanah air adalah, meski studio servis yang bagus sudah banyak, namun Indonesia belum memilik IP atau karakter yang bagus. Sedangkan Malaysia sudah terlebih dulu memiliki karakter Upin-Ipin dan Boboboi.

Bagaimana jika kelak Fakhri justru ditawarkan untuk bekerja di luar negeri?

“Untuk menimba ilmu kenapa engga? Tapi saya tetap akan kembali ke Indonesia.“ kata Fakhri mantap.

“Saya ingin mengembangkan Industri animasi di Indonesia. Mimpi saya itu banyak, mulai dari mengembangkan IP/karakter lokal, memiliki perusahaan sendiri agar teman-teman seperjuangan bisa bekerja bareng saya,” pungkasnya kemudian.

 

Instagram Fakhri Muzaki

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *