Berlebihan Minum Kopi, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi!

Kopi menjadi salah satu minuman paling akrab di lidah orang Indonesia. Terutama bagi para laki-laki, kopi menjadi minuman wajib yang harus mereka minum setiap pagi. Beberapa dari mereka bahkan tidak bisa menjalankan aktivitas dengan normal jika belum menenggak secangkir kopi.

Meski secangkir kopi bisa membuat hari kita berjalan baik, tapi tetap saja terlalu banyak minum kopi juga buruk bagi kesehatan. Dan berikut ini lima hal yang akan terjadi jika kamu kebanyakan minum kopi.

1. Minum kopi bisa menyebabkan insomnia akut

Kopi bukan hanya jadi sahabat di pagi hari tapi juga minuman yang cocok untuk menemani waktu begadang. Bukan rahasia lagi jika kopi mengandung kafein yang bisa membuat kamu sulit tidur. Bahkan jika kamu sudah minum kopi empat jam yang lalu, kafein masih akan bertahan setidaknya enam jam dalam tubuh. Nah kalau kamu tidak ingin menderita insomnia akut, pastikan kamu tidak meminum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur.

2. Kamu akan mengalami palpitasi jantung

Selain memperburuk kualitas tidurmu, ternyata kafein juga memperburuk kondisi jantung. Beberapa orang tertentu cenderung sensitif terhadap kafein. Alhasil ketika mereka minum kafein terlalu banyak, mereka akan mengalami palpitasi jantung di mana kondisi jantung tidak berdetak seperti biasanya. Jantung bisa berdetak terlalu lambat, atau lebih cepat sehingga terasa seperti berdebar-debar hingga terasa di luar rongga dada.

3. Terlalu banyak minum kopi akan membuat kamu semakin stres, cemas, dan mudah marah

Tubuh memiliki hormon anti stres yang disebut hormon kortisol. Tubuh akan memproduksi hormon ini ketika kita bangun tidur, sedang cemas, stres, atau takut dan membuat kita lebih siap untuk menghadapi masalah. Ketika meminum kopi, hormon kortisol akan meningkat. Masalahnya adalah, alih-alih mengurangi rasa stres, hormon kortisol yang terlalu tinggi justru akan membuat kamu semakin stres, mudah merasa cemas, dan emosi.

4. Membuatmu merasa pusing

Siapa sangka terlalu banyak kafein juga bisa menyumbat aliran darah ke otak. Meski tidak menyebabkan penyakit atau reaksi berbahaya tapi kafein akan membuat kamu merasa pusing selama beberapa jam. Jika kamu merasa pusing setelah minum kopi, mungkin itu tandanya kamu harus berhenti atau mengurangi jumlah kopi yang kamu minum setiap hari.

5. Kopi membuat kamu berkeringat berlebihan

Semakin tinggi hormon kortisol dalam tubuhmu, maka akan semakin cemas juga kamu. Selain pikiran yang mendadak jadi kacau, kamu juga akan lebih mudah berkeringat. Selain membuat kamu tidak nyaman, keringat berlebihan juga membuat cairan di tubuh menyusut degan cepat dan menyebabkan dehidrasi.

Minum kopi memang nikmat, bahkan menyehatkan jika kamu menikmatinya dalam porsi dan waktu yang tepat. Tapi di sisi lain, kamu juga pasti sadar bahwa apa pun yang berlebihan tidak berakhir dengan baik. Hal yang sama juga berlaku kopi.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *