Bikin Cepat Tua, Hati-hati dengan 5 Makanan Berikut!

Beberapa makanan dan minuman yang sering kita jumpai, tanpa disadari membantu mempercepat proses penuaan tubuh. Makanan-makanan ini membuat kulit menjadi kering, menyerap mineral penting, hingga bisa melemahkan aliran darah yang seharusnya mengalir ke kulitmu.

Nah, kalau kamu ingin tetap terlihat awet muda, cobalah mulai kurangi makanan dan minuman ini.

1. Daging yang terlalu matang atau hangus

Bagian gosong dari daging yang dipanggang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi, yang bisa membuat tubuh meradang. Hal ini bisa merusak bagian-bagian penting di kulit, seperti kolagen, sehingga bisa membuat penampilanmu menua.

Untuk mengatasinya, kamu cukup membuang bagian gosong pada daging yang dibakar atau dipanggang.

2. Kopi

Kopi dan minuman berkafein lainnya bisa menyebabkan kulitmu kering. Kafein bersifat diuretik, yang membuatmu mengeluarkan cairan dan menyebabkan kurangnya kelembaban di tubuh.

Hal ini bisa membuat kulitmu kering dan rapuh. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus minum lebih banyak air setelah minum kopi.

3. Kentang goreng

Kentang akan langsung terurai menjadi gula begitu masuk ke dalam tubuh. Kentang yang digoreng dalam minyak suhu tinggi bisa melepaskan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel kulit. Sebagai alternatif, kamu bisa memanggang atau merebusnya.

4. Makanan yang mengandung banyak gula

Penelitian yang dilakukan American Academy of Anti-Aging Medicine menemukan pemicu utama terjadinya kerutan dan penuaan dini pada kulit adalah kelebihan gula atau yang disebut sugar ageing.

Pasalnya, terlalu banyak gula dapat memicu terjadinya proses glikasi. Proses glikasi ini bisa menonaktifkan antioksidan, menyerang protein kolagen, dan serat elastin dalam kulit. Akibatnya, kulit kehilangan kelembapan dan tidak lagi kenyal, rentan terhadap kerusakan, mudah berkerut, kering, dan kusam.

5. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati. Dampaknya bisa membuat racun di dalam tubuh tidak terurai dengan baik.

Akibatnya, menimbulkan kerusakan pada kulit, seperti jerawat, kerutan, kehilangan kolagen, kehilangan elastisitas, kemerahan, dehidrasi, dan bengkak.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *