Bingung Memilih Warna Cat Rumah? Coba deh Tips Cara Memilih Warna Cat Sesuai Kepribadian Ini!

Sharing is caring

Sadar tidak sadar, cat rumah bisa mengidentifikasikan kepribadian sang pemilik lho. Akan tetapi tidak banyak yang menyadari hal ini, padahal bisa jadi warna rumah kamu sesuai karakter diri. 

Pasalnya, pemilihan warna cat rumah bisa membuat kamu mood and look yang berbeda lho ketika memasukinya. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan hal ini, alangkah baiknya memilih cat sesuai dengan kepribadian kamu. Penasaran bagaimana caranya? Simak dulu yuk pembahasan mengenai tipe kepribadian berikut :

Tipe-tipe kepribadian

Tipe kepribadian yang kerap digunakan oleh psikolog untuk membantu orang memahami karakter ada lima jenis. Diantaranya :

– Keterbukaan (openness) merupakan  kepribadian yang kreatif, imajinatif, suka berpetualang, berani mengambil resiko, memiliki rasa keingintahuan tinggi, dan mau mencoba hal-hal baru.

– Berhati-hati (conscientiousness) merupakan kepribadian yang kebijaksanaan, memperhatikan detail, terorganisir, berorientasi pada tujuan.

– Ekstraversi (extraversion) merupakan kepribadian yang asertif, banyak bicara, bersemangat ketika bersama orang lain, ekspresif secara emosional, suka menjadi pusat perhatian, dan suka bertemu kenalan baru.

– Ramah (agreeableness) merupakan tipe kepribadian yang agreeableness dapat dipercaya, suka menghibur, baik hati, kooperatif, penuh kasih sayang, dan suka berempati dengan orang lain.

Neurotisisme merupakan kepribadian yang moody, memikirkan sesuatu secara berlebih, hingga mengalami kesulitan untuk bersantai.

Warna-Warna Cat Rumah Sesuai Kepribadian

Itu dia tipe-tipe kepribadian yang sudah tergabung dalam Big 5 Personality yang kerap disebut OCEAN. Setelah tahu tipe kepribadian, mari langsung perhatikan cara menentukan warna rumah menurut lima kepribadian di atas :

– Keterbukaan (openness)

Pemilik tipe kepribadian ini kemungkinan besar berani mengambil resiko yang terbuka dan mau mencoba hal-hal baru. Pemilihan warna cat disarankan menggunakan warna yang cenderung cerah, bersaturasi dan dalam. 

Alasannya karena tipe kepribadian ini tidak takut mencoba hal baru. Oleh karenanya warna kuning, merah hingga oranye sangat disarankan untuk jenis kepribadian ini. 

Akan tetapi, berbeda dengan pemilihan warna cat rumah kepribadian ini sebaiknya memilih warna gelap. Sebab, warna cat rumah yang gelap memberikan ruang untuk beristirahat dan menenangkan pikiran dari padatnya pekerjaan.

– Berhati-hati (conscientiousness)

Tipe kepribadian ini dikenal sangat terorganisir, terstruktur, berhati-hati ketika bekerja, dan juga kerap memperhatikan detail. 

Jenis kepribadian ini selain mampu menata masa depan, juga menganalisis perilakunya hingga memahami efek pada orang lain. 

Untuk warna cat rumah sesuai karakter diri kepribadian ini sebaiknya menggunakan warna yang sejuk. Sebab, jenis warna ini memberikan rasa aman untuk bersantai. Warna biru air, putih yang sedikit pudar hingga hijau yang soft cocok untuk jenis kepribadian ini. 

– Ekstraversi (extraversion)

Jenis kepribadian ini sangat mudah bergaul jadi, warna putih yang netral cocok untuk kamu yang memiliki karakter ini. Bisa juga memilih warna cerah untuk ruang tamu seperti hijau kekuningan, merah atau kuning. 

– Ramah (agreeableness)

Warna cat klasik sangat disarankan untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian ini. Seperti warna taupe, abu-abu, putih jamur, coklat lembut dan lain sebagainya. 

Sebab, warna-warna netral dengan nada sejuk dan hangat akan membuat kamu yang berkepribadian ini merasa betah. Kamu juga bisa memilih salah satu warna lain yang disarankan para ahli seperti hijau, oxford navy dan biru. 

Neurotisisme

Tipe kepribadian ini kerap mudah merasa cemas dan stres. Oleh sebab itu, alangkah baiknya memilih pilihan warna yang mampu menenangkan untuk rumahnya. Bisa dengan memilih warna hijau alami atau biru yang bisa membangkitkan ketenangan.

Nah, itu dia tips memilih warna cat rumah sesuai karakter diri. Kamu termasuk orang yang seperti apa sih? Pastikan memilih warna cat yang disarankan di atas ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.