Bisa Membuat Keheranan, Ini Dia 5 Buah Termahal dari Negeri Sakura

Buah menjadi salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Dengan rasa yang segar dan cocok dijadikan camilan sehat, buah tergolong memiliki harga yang tidak terlalu mahal, sehingga dapat terjangkau oleh berbagai kalangan.

Namun, jika di Indonesia buah-buahan biasanya dijual dengan kisaran puluhan ribuan per kilonya, di Jepang kita dapat dengan mudah menemukan aneka buah dengan harga yang fantastis. Bahkan, beberapa buah dibanderol setara dengan satu unit rumah di Indonesia, lho!

1. Semangka Densuke

Di Indonesia, satu buah semangka biasanya dibanderol dengan harga tidak lebih dari Rp100 ribu per buahnya. Namun di Jepang, kita dapat menemukan semangka dengan harga yang sangat fantastis. Dikenal sebagai semangka Densuke, buah yang kaya kandungan air ini dibanderol seharga ¥650000 atau sekitar Rp78 jutaan per buahnya. Wow!

Lantas, apa yang membuat semangka Densuke lebih mahal dibanding jenis semangka lainnya? Dengan kulit yang mulus dan lebih gelap, daging buah Densuke dinilai jauh lebih manis dan mengandung lebih sedikit biji yang biasanya sangat mengganggu ketika sedang menyantap semangka. Selain itu, semangka Densuke sangat sulit dibudidayakan di negara lain. Dalam setahun, Hokkaido sebagai tempat asal semangka mewah ini hanya dapat menghasilkan 100 buah saja.

2. Mangga Taiyo

Meski mangga banyak dihasilkan oleh negara-negara tropis seperti Indonesia, nyatanya mangga termahal di dunia dibudidayakan di Negeri Sakura. Dijuluki sebagai taiyou no tamago atau telur matahari, mangga dengan kulit kemerahan ini dijual seharga Rp48 jutaan per kotak yang hanya berisi dua buah mangga berkualitas premium!

Saking mahalnya, pada 2014 lalu mangga bulat yang dinilai memiliki rasa super manis ini hanya terjual sebanyak dua buah dalam setahun. Dijual dalam boks elegan yang makin mempertegas kemewahannya, manga Taiyo ini sering dibuat sebagai bahan baku mango wine yang terkenal di Jepang.

3. Anggur Ruby Roman

Anggur memang dikenal sebagai buah dengan harga yang relatif mahal, mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah tergantung kualitasnya. Namun, pernahkah kalian melihat anggur yang dijual dengan harga setara kendaraan roda empat?

Di Jepang, kamu dapat menemukan anggur premium bernama Ruby Roman dengan harga mencapai Rp127 jutaan untuk 26 butir anggur. Berasal dari prefektur Ishikawa, anggur ini memiliki kadar gula yang lebih tinggi dan tanpa cacat sedikit pun pada permukaan kulitnya. Selain itu, ukurannya dua kali lebih besar dari anggur biasa atau setara dengan sebuah bola ping pong.

4. Cube Watermelon

Selain semangka Densuke, Jepang juga memiliki varian semangka unik yang tak kalah mahalnya. Sesuai namanya, semangka ini berbentuk kotak karena adanya proses pencetakan ketika masih dalam masa tanam.

Harganya pun sangat fantastis untuk ukuran sebuah semangka. Satu buah cube watermelon yang paling murah saja dibanderol seharga ¥15000 atau sekitar Rp1,8 jutaan. Sedangkan semangka paling mahal dapat mencapai Rp10 jutaan, tergantung ukurannya.

5. Yubari King Melon

Sesuai dengan namanya, Yubari merupakan melon yang hanya dapat dibudidayakan di salah satu kota di Hokkaido, Yubari. Memiliki kulit buah super mulus dengan isi berwarna kuning keemasan, melon Yubari dijual dengan harga mulai dari ¥10000 atau sekitar Rp1,2 juta untuk kualitas paling rendah. Bahkan pada 2016 lalu, melon premium ini pernah terjual seharga Rp360 juta, setara dengan satu unit rumah!

Mahalnya Yubari King Melon ditentukan dari ukuran serta tingkat kemanisannya. Selain itu, perawatan yang rumit dan membutuhkan ketelatenan juga memengaruhi mahalnya harga buah berair ini.

(disadur dari kumparan.com dan allabout-japan.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: